Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat - Beberapa sarana dan prasarana yang kamu temukan misalnya alat transportasi berupa kuda, dokar, gerobak, sepeda, sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, dan kereta api. Apakah di lingkungan tempat tinggalmu juga terdapat berbagai jenis alat transportasi di atas? Tidak semua wilayah di Indonesia memiliki peralatan transportasi di atas. 

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat
 Beberapa bentuk alat transportasi
Sebagai contoh kereta api, saat ini baru berkembang di Jawa dan sebagian Sumatra. Sarana transportasi apa saja yang kamu temukan di Pulau Jawa? Jalan raya dan jalan kereta api merupakan sarana penting bagi transportasi di darat. Jalan raya yang kamu temukan di daerahmu tentu berbeda-beda. Terdapat jalan raya yang sudah tertata dengan baik, misalnya beraspal mulus, dan terdapat jalan yang kondisinya belum beraspal. Jalan raya juga dibedakan menjadi jalan nasional dan jalan daerah seperti tampak pada peta berikut ini.

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat
 Jalan nasional di sebagian Pulau Jawa yang digunakan sebagai jalur mudik pada libur hari raya besar.
Jalan nasional adalah jalan penghubung antarprovinsi. Jalan nasional dibangun untuk memperlancar transportasi lintas nasional, sehingga langsung menjadi tanggung jawab negara. Sedangkan jalan daerah merupakan jalan penghubung antardaerah di dalam provinsi. Jalan penghubung antar kabupaten/ kota menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi, sedangkan jalan penghubung antarkecamatan merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten. Selain jalan, untuk memperlancar transportasi darat juga diperlukan sarana lainnya. Sarana apa saja yang dapat kamu temukan untuk mendukung transportasi darat tersebut? Perhatikan gambar

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat
Sarana transportasi darat
Pulau Jawa merupakan pulau dengan sarana transportasi darat paling banyak dan paling lengkap di Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini tidak lepas dari pengaruh lokasi dan perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia. Pulau Jawa adalah wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia. Semakin banyak jumlah penduduk, tentu semakin bervariasi kebutuhan interaksi. Semakin banyak kebutuhan berinteraksi, tentu semakin banyak sarana dan prasarana yang diperlukan. Kamu dapat mengamati kenampakan pulau Jawa melalui gambar

Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat
Permukiman padat di Jakarta (A), Lahan pertanian di Dataran Tinggi Dieng (B), dan Pesawahan di Subang Jawa Barat (C) merupakan contoh bentuk-bentuk pemanfaatan
Perhatikan peta pada gambar Peta tersebut memberikan informasi kepada kamu bagaimana kondisi pulau Jawa sebagai daerah paling padat di Indonesia. Peta tersebut juga memberikan informasi perbedaan kondisi alamnya. Kondisi alam yang berbeda di suatu daerah, menyebabkan kegiatan ekonomi yang berbeda pula. Di daerah dataran tinggi banyak kegiatan ekonomi yang menghasilkan sayuran dan tanaman perkebunan, sedangkan di daerah dataran rendah kegiatan ekonominya banyak menghasilkan hasil pertanian seperti padi dan perikanan. 

Kebutuhan antar daerah yang berbeda, mendorong kegiatan distribusi berbagai barang kebutuhan tersebut. Semakin besar jumlah penduduk, semakin banyak kegiatan distribusi barang dan jasa, sehingga sarana transportasi menjadi kebutuhan utama. Tidak mengherankan prasarana utama transportasi berupa jalan raya dan rel kereta api paling banyak ditemukan di Pulau Jawa dibanding daerah lain. Di Pulau Bali dan Sumatra, yang lokasinya mirip dengan pulau Jawa juga memiliki sarana dan prasarana transportasi darat, meskipun tidak sepadat di Pulau Jawa.

Transportasi darat merupakan transportasi yang mudah dan murah. Saat ini masih banyak daerah di Indonesia terdapat fasilitas transportasi darat yang memadai. Pembangunan fasilitas transportasi darat paling mahal adalah pembangunan jalan dan jembatan. Bangsa Indonesia terus membangun sarama transportasi darat untuk mempermudah transportasi Renungkan! dan komunikasi, sehingga memperlancar roda pembangunan. 

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengaruh Lokasi Indonesia Terhadap Transportasi Darat"