Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Migrasi Penduduk : Pengertian, Penyebab dan Macam - Macam Migrasi

Migrasi Penduduk : Pengertian, Penyebab dan Macam - Macam Migrasi - Migrasi manusia adalah perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif (migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari suatu daerah (negara) ke daerah (negara) lain. Arus migrasi ini berlangsung sebagai tanggapan terhadap adanya perbedaan pendapatan antara kota dan desa. Namun, pendapatan yang dimaksud bukanlah pendapatan aktual, melainkan penghasilan yang diharapkan (expected income). Kerangka Skematik ini merupakan aplikasi dari model dekskripsi Todaro mengenai migrasi. Premis dasar yang dianut dalam model ini adalah bahwa para migran mempertimbangkan dan membandingkan pasar-pasar tenaga kerja yang tersedia bagi mereka di sektor pedesaan dan perkotaan, serta memilih salah satunya yang dapat memaksimumkan keuntungan yang diharapkan. Besar kecilnya keuntungan yang mereka harapkan diukur berdasarkan besar kecilnya selisih antara pendapatan riil dari pekerjaan di kota dan di desa, angka tersebut merupakan implementasinya terhadap peluang migran untuk mendapatkan pekerjaan di kota.

Berkat kemajuan transportasi dan komunikasi, saat ini masyarakat sangat mudah melakukan kegiatan perpindahan penduduk. Perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain baik untuk menetap maupun sementara, perseorangan maupun kelompok disebut migrasi. Mengapa orang melakukan kegiatan migrasi?

1. Penyebab Migrasi

Penyebab penduduk melakukan kegiatan migrasi ada beberapa alasan seperti:

a. Bencana alam

Pengertian Migrasi Penduduk, Penyebab Migrasi Penduduk dan Macam - Macam Migrasi
bencana alam karena letusan Gunung Merapi di Yogyakarta menyebabkan penduduk melakukan migrasi
Kamu tentu sadar bahwa masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan bencana, terutama gempa bumi dan gunung meletus. Hanya Pulau Kalimantan yang tidak memiliki ancaman gempa bumi dan gunung meletus. Karena bencana alam tersebut, sering memaksa penduduk melakukan migrasi. Sebagai contoh pada saat Gunung Merapi meletus tahun 2010 seperti tampak pada Gambar 2.9. sebagian warga terpaksa harus berpindah tempat tinggal ke daerah lain karena tempat tinggalnya masuk dalam kawasan bahaya.

b. Lahan semakin sempit

Pengertian Migrasi Penduduk, Penyebab Migrasi Penduduk dan Macam - Macam Migrasi
Lahan pertanian di Jawa semakin sempit karena terdesak untuk lahan tempat tinggal
Masyarakat petani pedesaan yang lahan pertaniannya semakin sempit seperti pada gambar. sementara anggota keluarganya banyak, kadang menghadapi masalah ekonomi yang sulit diselesaikan. Untuk mengatasinya, kemudian mereka melakukan perpindahan ke daerah lain untuk mencari pekerjaan baru atau mencari daerah yang lahan pertaniannya masih luas.

c. Situasi Pertentangan 

Pertentangan menyebabkan penduduk melakukan migrasi ke tempat lain karena merasa tidak nyaman di tempat tersebut. Situasi pertentangan ini biasanya tidak saling menghargai dan mau benar sendiri tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Pertentangan yang melibatkan banyak orang dan menyebabkan situasi tidak aman mendorong orang melakukan migrasi ke tempat yang aman. Tentu kamu tidak ingin saling bertentangan bukan? Pertentangan hanya akan mendatangkan masalah baru, oleh karena kita harus selalu terus saling menghormati dengan orang lain. 

d. Kondisi alam 

Kondisi alam yang tandus kadang mendorong penduduk untuk mencari daerah lain yang lebih menguntungkan. Misalnya penduduk di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, sebagian daerahnya adalah berasal tersusuan atas batu gamping (limestone) yang kurang subur untuk pertanian. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong penduduk melakukan migrasi ke daerah lain seperti Yogyakarta, Jakarta, dan daerah lain di luar Pulau Jawa. Perlu kamu ketahui, berkat ketekunan dan kegigihan di tempat barunya, mereka banyak yang sukses dengan keadaan kehidupan yang lebih baik dari di tempat asalnya.

Pengertian Migrasi Penduduk, Penyebab Migrasi Penduduk dan Macam - Macam Migrasi
Kondisi lahan pertanian yang tandus di Gunungkidul Yogyakarta merupakan salah satu pendorong migrasi

2. Macam-macam migrasi 

Kamu telah menemukan beberapa faktor penyebab terjadinya migrasi penduduk. Ke mana saja penduduk melakukan migrasi? Ada penduduk yang melakukan perpindahan masih dalam satu provinsi, ada yang melakukan ke luar pulau, bahkan ada penduduk yang melakukan perpindahan ke luar negeri. Ditinjau dari daerah yang dituju, migrasi dibedakan menjadi dua yakni migrasi internasional dan migrasi nasional.

Migrasi Internasional merupakan perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain.Migrasi nasional merupakan perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain dalam satu wilayah negara atau disebut juga migrasi internal. Migrasi nasional terdiri atas dua bentuk yaitu transmigrasi dan urbanisasi. Pada uraian berikutnya kamu akan mempelajari bagaimana terjadinya transmigrasi dan urbanisasi.

Migrasi internasional dibedakan menjadi empat, yaitu : 
  • Imigrasi : Perpindahan penduduk yang masuk ke dalam suatu negara dengan tujuan untuk menetap di negara yang didatanginya. 
  • Emigrasi : Perpindahan penduduk yang meninggalkan suatu negara ke negara lain dengan tujuan untuk menetap. 
  • Remigrasi: Pepindahan penduduk dari suatu negara ke negara tempat asalnya, Istilah lainnya disebut repatriasi. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Migrasi Penduduk : Pengertian, Penyebab dan Macam - Macam Migrasi"

close