Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital - Pada proses komunikasi, data yang hendak ditransmisikan akan dikodekan terlebih dahulu dalam bentuk sinyal analog dan sinyal digital. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Sinyal Analog 

Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang sambung-menyambung atau kontinu, tidak ada perubahan tiba-tiba dan mempunyai besaran, yaitu amplituda dan frekuensi. Perhatikan gambar Dengan menggunakan sinyal analog, maka jangkauan tranmisi data dapat mencapai jarak yang jauh, tetapi sinyal ini terpengaruh oleh noise. Gelombang pada sinyal analog umumnya berbentuk sinusoidal yang memiliki tiga variabel dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Sinyal Analog

1. Amplitudo 

Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Gambar berikut ini menunjukan lebih jelas apa yang dimaksud dengan amplitudo. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Amplitudo

2. Frekuensi

Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam waktu satu detik. Tampilannya dapat dilihat dari Gambar.
Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Frekuensi 

3. Phase 

Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. Phase pada sudut 0o ,90o ,180o ,270o dan 360o diperlihatkan oleh Gambar.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Phase 
Dengan menggunakan tiga veriabel tersebut, maka akan diperoleh tiga jenis modulasi, yaitu: 

a. Amplitudo Modulation (AM) 
Modulasi ini menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan dua keadaan sinyla digital. Pada AM, frekuensi dan phase sinyal tetap, sedangkan yang berubah-ubah adalah amplitudonya (Gambar.5) Dengan cara ini, maka keadaan 1 (high) sinyal digital diwakili dengan tegangan yang dimiliki keadaan 0 (low) sinyal digital. Penerima cukup membedakan mana sinyal yagn lebih besar amplitudonya dan mana yang lebih kecil, tanpa perlu memperhatikan bentuk sinyal tersebut untuk mendapatkan hasilnya. Kalau penerima harus menerima sinyal analog murni, perbedaan bentuk yang sedikit saja sudah menunjukan perbedaan hasil.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Amplitudo modulation 
Cara ini adalah cara yang paling mudah dalam melakukan modulasi, tetapi juga paling mudah mendapatkan pengaruh/gangguan dari kondisi media tranmisinya.

b. Frequency Modulatio (FM
Modulasi ini mempergunakan frekuensi sinyal analog untuk membedakan dua keadaan sinyal digital. Pada FM, amplitudo dan phase tetap, tetapi frekuensinya berubah-ubah (Gambar .6). Jadi keadaan sinyal digital dibedakan atas dasar besar kecilnya frekuensi sinyal analog. Cara ini cukup sulit, tetapi juga akan cukup terlindung dari gangguan yang berasal dari media transmisinya. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
 Frequency Modulatio
c. Phase Modulation (PM) 
Modulasi jenis ini menggunakan perbedaan sudut fase dari sinyal nalog untuk membedakan dua keadaan dari sinyal digital. Pada cara ini, amplitudo dan frekuensi tidak berubah, tetapi phase-nya berubahubah Cara ini merupakan modulasi yang palinga baik, tetapi paling sulit. Bentuk PM paling sederhana adalah pergeseran sudut phase 180 derajat setiap penyaluran bit 0 dan tidak ada pergeseran sudut bila bit 1 disalurkan. Dengan cara tersebut maka bit yang disalurkan sama dengan band rate. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
 Phase Modulations

Sinyal Digital 

Sinyal digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1 seperti ditunjukan pada Gambar sinyal digital hanya mencapai jarak jangkauan pengiriman data yang relatif dekat. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
sinyal digital 
Dalam proses transmisi data, digunakan sebuah alat yang dinamakan modem. Modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Sebagai modulator, modern menerjemahkan data atau informasi dalam bentuk sinyal digital menjadi sinyal analog dan kemudian menggabungkanya dengan frekuensi pembawa (carrier), sedangkan sebagai demodulator, modern menerjemahkan data atau informasai sinyal analog tersebut ke dalam bentuk sinyal digital. Ada empat kemungkinan pasangan betuk sinyal data dan sinyal transmisi yang terjadi setelah mengalami proses transmisi data. Empat kemungkinan itu diuraikan dalam keterangan sebagai berikut. 

1. Digital Data Digital Transmission 

Pada digital datadigital transmission, data yang dihasilkan oleh transmitter berupa data digital dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital menuju ke receiver. Dalam bentuk transmisi ini, dikenal ada dua macam cara pensinyalan yaitu sebagai berikut.

Non Return to Zero merupakan pensinyalan pada RS 232.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Return to Zero

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital

Pada metode digital data digital transmissionI ini tidak dibutuhkan modem, karena sinyal data dan sinyal transmisinya sama. 

2. Analog Data Digital Transmission 

Pada analog data digital transmission, data yang dihasilkan oleh transmitter berupa sinyal analog dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital menuju ke receiver. dalam kondisi yang baik.Metode ini digunakan untuk pengiriman data suara atau gambar sehingga data sampai ke tujuan Pada metode ini, dibutuhkan modem pada sisi transmitter untuk menerjemahkan data dalam bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital dan modem sisi receiver yang akan menerjemahkan data dalam bentuk sinyal digital yang diterima menjadi sinyal analog lagi.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
 Analog data digital

3. Digital Data Analog Trasnmission 

Pada digital data analog transmission, sinyal data yang dihasilkan oleh transmitter oleh transmitter berbentuk sinyal digital dan ditransmisikan dalam betnuk sinyal analog menuju receiver. Bentuk transmisi ini digunakan untuk proses transmisi data antar komputer yang jaraknya sangat jauh antara komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dalam transmisi ini dikenal tiga macam pensinyalan sinyal analog, yaitu: 

a. Amplitudo Shift Keying (ASK) 
Pada saat ini, amplitudo gelombang pembawa diubah-ubah sesuai informasi yang ada. Lebar amplitudo pada ASK ada dua macam, yaitu dua tingkat (0-1) atau empat tingkat (0-11). Gambar menampilkan perubahan yang terjadi pada gelombang pembawa dengan pensinyalan ASK. 

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
Amplitudo Shift Keying

b. Frequency Shift keying (FSK)
teknik ini mengubah frekuensi pembawa berdasarkan bit 1 dan bit 0. transmisi ini banyak digunakan untuk tranmisi dengan kecepatan rendah. Derau yang dialami oleh FSK lebih kecil dari modulasi pada ASK.

Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital
 Frequency Shift keying

4. Analog Data Analog Transmission 

Pada analog data analog transmission, data yang dihasilkan oleh transmitter dalam bentuk sinyal analog dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog ke receiver. Metode ini digunakan oleh pemancar radio. 
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Sinyal Analog dan Sinyal Digital"

close