Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Benda Pemuas Kebutuhan

Keragaman kebutuhan manusia diimbangi dengan keragaman benda pemuas kebutuhan. Keragaman benda pemuas kebutuhan ini lebih lanjut dapat kita klasifikasikan sebagai berikut : 

a. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Cara Memperoleh

Kita membedakan benda pemuas kebutuhan berdasarkan kadar pengorbanan yang kita keluarkan

1) Benda Ekonomi

Benda Ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Jadi diperlukan pengorbanan untuk memperolehnya. Benda ekonomi ini umumnya berupa barang - barang sebagai alat pemuas kebutuhan primer dan sekunder.

2) Benda Bebas

Benda bebas adalah benda pemuas kebutuhan yang diberikan oleh alam dalam jumlah yang sangat banyak sehingga untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Contoh benda bebas ini adalah udara, sinar matahari, dan air. Namun kita perlu ingat adakalanya benda bebas ini berubah status menjadi benda ekonomi. Contoh kalau kita tinggal di daerah yang memiliki sumber air yang baik dan jernih maka air tersebut merupakan benda bebas. Akan tetapi air bersih di kota umumnya diperoleh melalui jasa Perusahaan Air Minum tau tukang air keliling. Disini air sudah berubah menjadi benda ekonomi.

b. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Kegunaan

Disini kita memilah benda pemuas kebutuhan menurut bagaimana cara kita menggunakan atau memakainya. Dalah hal ini, benda pemuas kebutuhan dapat dikalsifikasikan menjadi :

1) Benda Konsumsi

Benda konsumsi merupakan benda yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya buah - buahan, baju, roti, sepatu, dan jam tangan. Oleh karena bisa langsung dirasakan manfaatnya, benda konsumsi ini disebut juga sebagai benda siap pakai.

2) Benda Produksi 

Benda produksi merupakan benda yang digunakan dalam proses produksi. Benda ini disebut juga barang modal. Artinya benda ini digunakan untuk memproduksi benda lain. Contohnya benda produksi adalah mesin - mesiin.

c. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Proses Pembuatan

Disini kita membedakan benda pemuas kebutuhan berdasarkan bagaimanakah keadaan benda yang besangkutan dalam proses produksi.

1) Bahan Mentah (bahan baku)

Bahan mentah adalah barang yang belum diolah atau belum mengalami proses produksi. Dapat dikatakan bahan mentah merupakan bahan dasar dari suatu benda pemuas kebutuhan nantinya. Bahan mentah ini, dapat berupa hasil hutan (rotan, kayu, damar), hasil pertanian (padi, dan palawija) hasil perkebunan (kopi, teh, tembakau), serta dapat pula berupa barang tambang (minyak, batu bara, timah, nikel)

2) Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang yang sudah diproses tetapi belum merupakan barang siap pakai. Barang setengah jadi ini berasal dari bahan mentah yang diproses sampai ke tingkat tertentu. Misalnya : benang untuk indsutri tekstil, semen untuk produksi tegel, kopra untuk industri minyak goreng, kulit untuk industri sepatu dan tas.

3) Barang Jadi

Barang jadi adalah barang olahan produksi yang siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya sepatu, kemeja, buah - buahan dalam kaleng dan sebagainya

d. Benda Pemuas Kebutuhan Menurut Hubungan Dengan Benda Lain

Disini kita membedakan benda pemuas kebutuhan berdasarkan bagaimanakah peranan suatu benda terhadap benda lainnya.

1) Benda Komplementer

Benda komplementer merupakan benda pemuas kebutuhan yang berdaya guna atua dirasakan manfaatnya jika dipakai bersama dengan benda pemuas kebutuhan yang lain. Atau jika dipakai bersama - sama dengan benda lain, benda pemuas kebutuhan yang bersangkutan akan memberikan manfaat yang lebih besar. Minyak tanah, misalnya akan kita rasakan kegunaannya bila dipakai bersama dengan kompor. Demikian pla tinta dengan pena, kopi dengan gula, bensin dengan kendaraan dan lain - lain.

2) Benda Substitusi 

Benda substitusi merupakan benda pemuas kebutuhan yang saling mengganti. Maksudnya pemakaian suatu benda pemuas kebutuhan dapat menggantikan pemakaian benda pemuas kebutuhan lainnya. Misalnya : beras dapat diganti dengan jagung, mentega dengan margarine, jasa bis dengan jasa kereta api.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Macam - Macam Benda Pemuas Kebutuhan"

close