Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal - hal yang Mempengaruhi Kebutuhan

Keberadaan manusia sebagai mahluk individual membuat manusia yang satu berbeda dengan manusia yang lain. Tidak ada manusia di dunia ini yang persis sama bukan? Individualitas manusia itu mengakibatkan perbedaan kebutuhan antara manusia yang satu dan manusia yang lain.

a. Keadaan Alam (tempat)

Keadaan alam mengakibatkan perbedaan kebutuhan. Orang yang tinggal di daerah kutub, yang luar biasa dinginnya, membutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa yang serasa menggigit tulang. Sedangkan kita yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian tipis. Tampaklah di sini keadaan alam dapat mendorong manusia untuk menginginkan barang - barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan. Cobalah bandingkan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang berdiam di pesisir.

b. Peradaban

Makin tinggi peradaban suatu masyarakat makin banyak kebutuhan dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan. Pada masa primitif, peradaban manusia masih sedang mengembangkan diri. Ketika itu kebutuhan manusia masih relatif sedikit. Dari pelajaran sejarah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia saat itu berupa kebutuhan primer. Kebutuhan itu pun dipenuhi secara sederhana. Untuk makanan, misalnya mereka tinggal memungutnya di hutan (food gathering). Seiring dengan kemajuan peradaban daftar kebutuhan manusia terus bertambah. Dahulu misalnya belum terpikir bahwa televisi itu penting, sekarang ini tanpa televisi rasanya hidup ini kurang lengkap. Begitu seterusnya dengan macam - macam kebutuhan lainnya. Selain itu, cita rasa kebutuhan manusia modern pun semakin meningkat. Manusia menuntut kualitas tinggi dari barang atau jasa yang dibutuhkannya. Orang sekarang misalnya tidak lagi membutuhkan pakaian ala kadarnya, melainkan pakaian yang sesuai dengan mode masa kini. Makanan pun tidak hanya sekedar yang memebuhi gizi melainkan harus lezat dan harus disajikan secara apik. Begitu seterusnya dengan macam - macam kebutuhan lainnya.

c. Agama

Anutan agama yang berbeda dapat mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya penganut agama islam dilarang makan babi. Penganut agam hindu dilarang makan sapi. Ada waktu - waktu tertentu di mana tiap tiap agama menjalankan pantang dan puasa. Lebih lanjut masing - masing agama memerlukan alat - alat tertentu yang harus dipakai dalam menjalankan ibadah. Hal ini mendorong tiap - tiap agama mencari barang - barang berlainan ragam yang diperlukan dalama penyelenggaraan ibadah masing - masing.

d. Adat - Istiadat

Adat atau tradisi masyarakat berpengaruh besar dalam kebutuhan masyarakat. Alasannya suatu adat atau tradisi akan mempolakan baik perilaku maupun tujuan hidup kelompok masyarakat yang bersangkutan. Akibatnya, tradisi yang berbeda akan mempolakan perilaku dana tujuan sosial yang berbeda pula. Akibatnya timbul perbedaan kebutuhan - kebutuhan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kelompok masyarakat yang bersangkutan. Kita ambil sebuah contoh nyata yakni upacara perkawinan. Tiap daerah mempunyai tata upacara perkawinan yang berbeda bukan? Upacara seperti ini merupakan salah satu pola perilaku. Perilaku ini perlu tetap dipertahankan demi kelestarian tradisi. Nah untuk itu perlu lah disokong oleh barang dan jasa kebutuhan yang membuat perkawinan itu tetap dapat berlangsung dari masa ke masa, seperti kembang, penghulu, gamelan, lenong, dan sebagainya. Tiap - tiap daerah tentunya memiliki barang dan jasa kebutuhan yang berbeda untuk upacara perkawinan tersebut. Perbedaan kebutuhan yang di latarbelakangi adat istiadat ini tidak hanya menyangkut kegiatan formal dalam masyarakat. Pada gilirannya adat istiadat atau tradisi dapat mengakibatkan perbedaan kebutuhan dalam kegiatan hidup sehari hari.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Hal - hal yang Mempengaruhi Kebutuhan"

close