Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Merchant? Ini Cara Daftar Merchant OVO, GoPay, LinkAaja, dan DANA

Pengguanaan istilah merchant ada pada tempat-tempat di mana kartu kredit atau mobile payment dapat digunakan seperti di hotel, restoran, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan lain-lain.Dalam melayani pelanggannya, pihak merchant menyediakan beberapa metode pembayaran, baik tunai maupun non-tunai. Nah, yang paling kita kenal saat ini pembayaran non-tunai atau cashless dengan menggunakan kartu kredit, kartu debit dan juga layanan mobile payment (e-money).

Dua dari yang pertama, yakni kartu kredit dan debit itulah yang paling banyak digunakan oleh pedagang (merchant) dalam melayani konsumen untuk sistem pembayaran non-tunai. Namun, seiring semakin bertambahnya pengguna "dompet digital" para pelaku usaha kini dituntut menjalin partnership layanan fintech seperti OVO, GoPay, LinkAja, DANA, dan lain sebagainya.

Untuk mendaftar merchant OVO, GoPay, LinkAaja, dan DANA silahkan baca sampai akhir, ya.


Konsumen Melakukan Pembayaran ke Merchant


 

Apa itu Merchant?


Merchant adalah mitra bank dan lembaga pembiayaan lainnya, sebagai tempat belanja bagi pemegang kartu atau dompet digital. Contoh merchant adalah hotel, super market, pasar swalayan, bioskop, tempat-tempat hiburan, dan tempat lainnya di mana bank dan lembaga pembiayaan mengikat perjanjian.

Umumnya pihak merchant (pedagang) akan menempelkan tanda atau logo pembayaran dari bank atau lembaga pembiayaan apa saja yang diterima. Tidak semua tempat dapat menjadi merchant. Untuk menjadi merchant dari bank atau lembaga pembiayaan (fintech) terdapat 2 (dua) cara yang ditempuh ialah :
 

  • Permohonan dari pengusaha kepada pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya agar ditunjuk sebagai merchant.
  • Penawaran atau permintaan dari pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya kepada pengusaha yang bersangkutan, agar tempatnya menjadi merchant.

Untuk memperlancar para merchant dalam melayani transaksi jual belinya, maka pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya memberikan penjelasan-penjelasan kepada merchant tentang mekanisme pelayanan transaksinya.

 

Prosedur Cara Kerja Merchant


Dalam menjalankan bisnisnya, pihak pedagang akan mendaftar sebagai merchant dengan cara melakukan registrasi sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia layanan. Oleh karenanya, bagi kamu yang ingin mendaftar menjadi merchant sebaiknya sudah mempersiapkan data-data yang diperlukan agar proses pendaftarannya bisa berjalan dengan baik, tanpa kendala.

Setelah pedagang atau pengusaha melakukan pendaftaran merchant dan telah diverifikasi oleh pihak penyedia, maka tinggal menunggu apakah disetujui atau tidak.

Apabila disetujui, maka pihak pedagang dapat melayani pembelian dari konsumennya tanpa perlu menggunakan uang cash. Sehingga metode pembayaran yang dilakukan pun lebih cepat dan mudah. Dan tentunya akan lebih memudahkan untuk pengelolaan keuangan dan pembukuan akuntansi.


 

Keuntungan Menjadi Merchant E-Money


Pembayaran online dan non-tunai yang semakin banyak penggunanya merupakan sebuah peluang yang harus dimanfaatkan oleh pengusaha. Karena mau tidak mau semakin banyaknya konsumen yang menggunakan metode pembayaran non tunai menuntut pengusaha juga harus beradaptasi dengan hal tersebut.

Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan apabila pengusaha menjadi merchant e-money atau fintech yang semakin menjadi trend transaksi jual beli saat ini:

  • Bisnis yang dijalankan lebih nampak profesional dan modern
  • Mampu meningkatkan volume penjualan karena banyaknya metode transaksi yang bisa dipilih oleh konsumen.
  • Mencegah pembayaran yang dilakukan dengan uang palsu, sehingga lebih aman bagi pelaku usaha.
  • Sering menyediakan diskon merchant sehingga bagi yang suka berbelanja secara non-tunai menjadi pilihan yang tepat.

 

Cara Daftar Merchant E-Money


1. Cara Daftar OVO Merchant

Untuk bergabung menjadi OVO merchant, pelaku usaha harus mengikuti prosedur seperti di bawah ini.

  • Identitas Pemilik Usaha, berupa KTP, nomor mobile phone aktif dan juga alamat email.
  • Identitas Usaha, berupa SIUP, NIB, atau TDP. Atau jika masih berupa usaha rintisan atau UMKM, bisa menggunakan surat keterang usaha, foto gerai atau toko, bidang usaha yang dijalankan, dan alamat lengkap tempat usaha.
  • Dokumen-dokumen tersebut selanjutnya dikirimkan ke alamat email merchant.support@ovo.id
  • Jika dalam proses pendaftaran, pelaku usaha dapat call center OVO 1500167 pada pukul 06.00-22.00 WIB berlaku dari hari Senin hingga Minggu.


2. Cara Daftar Merchant Gopay

Untuk mendaftar sebagai merchant pada layanan Gopay harus menyiapkan beberapa dokumen baik untuk usaha perseorangan maupun usaha berbadan hukum, yaitu berikut ini penjelasannya.

Usaha Perseorangan

  • Kartu identitas (KTP atau Paspor)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Informasi mengenai rekening bank pemilik usaha
  • Informasi lengkap mengenai usaha yang dimiliki
Usaha Badan Hukum
  • Kartu identitas (KTP atau Paspor)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Buku tabungan perusahaan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Informasi lengkap mengenai usaha yang dijalankan
Prosedur pendaftaran merchant Gopay
  • Pertama kali, pelaku usaha bisa menjadi partnership Gopay dengan dua cara, melalui aplikasi GoBiz dan website di gojek.com.
  • Kemudian klik menu pendaftaran.
  • Isilah form yang telah disediakan. Informasi yang perlu dimasukan antara lain data perusahaan, data personal, data pembayaran, data outlet, syarat dan ketentuan.
  • Setelah dikirimkan tunggu verifikasi dari pihak GoJek
  • Apabila telah diverifikasi, kuti langkah selanjutnya, sesuai dengan prosedur yang dikirimkan oleh pihak GoJek.

3. Cara Daftar Merchant DANA

Bagi pedagang yang ingin mendaftarkan usahanya untuk menjadi merchant DANA, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Oh ya, DANA memiliki dua jenis program merchant, yaitu DANA Bisnis untuk UMKM dan DANA Enterprise untuk usaha sekala besar.

DANA Bisnis

Bagi pelaku usaha  pemula bisa memanfaatkan fitur DANA Bisnis untuk mengembangkan usahanya agar go digital. Adapun cara gabung menjadi merchant DANA Bisnis berikut langkah dan dokumen yang perlu dipersiapkan.

  • Download aplikasi DANA di Google Play atau Appstore.
  • Siapkan dokumen yang berisikan Profil Bisnis. Buatlah profil bisnis yang mencantumkan deskripsi jenis bidang usaha yang dijalankan, alamat lengkap atau lokasi di mana bisnis kamu berada.
  • Siapkan foto gerai atau toko dan produk. Unggahlah foto tersebut dengan posisi toko yang tampak dari luar dan tampak bagian dalamnya, dan jangan lupa berikan deskripsinya. Kemudian lengkapi dengan foto produk barang yang dijual.

DANA Enterprise

Untuk bisa menjadi merchant DANA Enterprise pelaku usaha bisa mengunduh aplikasi DANA di Google Play atau Appstore. Setelah itu lakukan beberapa tahapan berikut.

  • Pertama, buatlah akun DANA Enterprise dengan cara melakukan registrasi pada menu registrasi di dana.id kemudian isi form yang sudah disediakan.
  • Buat profil bisnis dengan mengisikan data-data yang dibutuhkan, meliputi nama usaha, brand, kategori, jenis usaha, skala bisnis (besar atau kecil), dan memasukkan logo.
  • Upload dokumen bisnis. Tahapan ini kamu diminta untuk memasukkan semua dokumen bisnis pada form yang telah disediakan, seperti SIUP, NIB, dan lain sebagainya.
  • Jika sudah selesai, kamu tinggal menunggu verifikasi dari pihak DANA apakah pengajuan untuk menjadi merchant DANA Enterprisemu disetujuai ataukah tidak.

4. Cara Daftar Merchant LinkAja

Untuk menjadi merhchant pada dompet digital milik Telkomsel ini, pelaku usaha terlebih dahulu harus memiliki akun LinkAja. Adapun tahapan untuk mendaftarnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi LinkAja di Google Play atau Appstore
  • Lakukan registrasi, isikan data yang dibutuhkan
  • Selanjutnya klik menu daftar merchant dan isikan data yang diminta pada form yang telah disediakan

 

Itulah ulasan mengenai apa itu merchant dan bagaimana para pedagang bisa mendaftar menjadi merchant di berbagai layanan lembaga pembiayaan, khususnya e-money atau dompet digital. Segera daftarkan bisnismu untuk menjadi merchant beberapa fintech di atas, mengingat semakin berkembangnya teknologi menuntut pelaku usaha untuk lebih kreatif dan mudah beradaptasi dengan teknologi terbaru.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Apa itu Merchant? Ini Cara Daftar Merchant OVO, GoPay, LinkAaja, dan DANA"

close