Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Karbohidrat, Jenis Karbohidrat, Sumber Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat

 Karbohidrat Adalah - Pengertian, Jenis, Klasifikasi Dan Contohnya

 

karbohidrat merupakan sumber utama energi yang paling murah. karbohidrat sebagai zat - zat gizi merupakan nama kelompok zat zat organik yang mempunyai struktur molekul yang berbeda -beda, meski terdapat persamaan dari sudut kimia dan fungsinya. semua karbohidrat terdiri atas unsur - unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). karbohidrat mempunyai rumus kimia Cn(H2O)n. karbohidrat yang terasa manis, biasa disebut monoksida atau monosa. 

Jenis karbohidrat  

karbohidrat yang terdapat di dalam makanan pada umumnya hanya tiga jenis, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida. Mono dan disakarida terasa manis, sedangkan polisakarida tidak mempunyai rasa ( tawar ). Didalam bahan makanan nabati terdapat dua jenis disakarida yaitu disakarida yang dapat dicerna dan yang tidak dapat dicerna. disakarida yang dapat di cerna disebut dengan zat tepung ( amilum ) dan dekstrin. Disakarida yang tidak dapat di cerna ialah selulosa, pentosa dan galaktan. Disakarida didalam makanan hanya ada 3 jenis yang mempunyai arti gizi, ialah sukrosa, maltosa, dan laktosa. Monosakarida didalam makanan juga ada 3 j3nis yang mempunyai arti gizi yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa.

Sumber Karbohidrat 

Sumber utama karbohidrat di dalam makanan berasal dari tumbuh- tumbuhan, karbohidrat nabati di dalam makanan manusia terutama berasal dari tumbuhan, yaitu biji, batang dan akar. sumber yang kaya karbohidrat umumnya termasuk bahan makanan pokok. sumber karbohidrat lainnya seperti pisang, sawo, nangka, sukun, kelewih, beras, akar dan umbi, serta ekstra tepung seperti sagu, dan kacang- kacangan.

karbohidrat hewani, gterutama terdapat di dalam otot ( daging ) dan hati. Namun jumlahnya terbatas dan setelah binatang mati, glikogen mengalami penguraian sehingga glikogen menghilang seketika sampai di dapur untuk dimasak.

Fungsi Karbohidrat 

karbohidrat merupakan sumber utama energi yang paling murah. Dari tiga jenis sumber utama energib yaitu karbohidrat, lemak dan protein. karbohidrat yang tidak dapat dicerna memberikan volume dalam isi usu dan melancarkan gerak peristaltik yang melancarkan aliran hasil yang sudah halus ( Kimus )melalui saluran pencernaan serta memudahkan pembuangan tinja ( defekasi ).

Posting Komentar untuk "Pengertian Karbohidrat, Jenis Karbohidrat, Sumber Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat "