Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Debian 5 CLI - How to Instalasi Debian 5 Lenny CLI

 Pastikan DVD Debian sudah siap, dengan PC yang akan dijadikan server.

1. Masukkan DVD Debian ke DVD-ROM PC.

2. Masuk BIOS, pastikan PC boot ke DVD-ROM terlebih dahulu.

3. Akan muncul tampilan seperti berikut, Karena kita menginstall untuk server, dan supaya proses instalasi lebih cepat, kita tidak menggunakan instalasi grafik, tapi dengan instalasi command line.

4. Pilih bahasa yang akan digunakan saat proses instalasi, bahasa yang dipilih juga akan menjadi bahasa yang digunakan sistem. Pilih english, sebagai bahasa instalasi.

5. Tentukan lokasi negara, Indonesia berada di bagian other | Asia | Indonesia. Pilih Indonesia sebagai negara, akan muncul pemilihan locale atau jenis huruf yang didukung. Indonesia menggunakan alphabet latin, gunakan locale Amerika Serikat. Pilih juga keymap, keymap adalah tatanan keyboard yang digunakan. Gunakan American English.

6. Tunggu, akan ada proses. Biarkan prosesnya sampai selesai.



7. Masukkan hostname yang dibutuhkan, karena kita mensetting server kita sendiri. Masukkan sesuai keinginan. Dalam kasus ini, masukkan serverone sebagai hostname.

8. Setelah itu kita akan diminta memasukkan nama domain, karena kita mensetting server kita sendiri, masukan sesuai keinginan. Dalam kasus ini, masukkan serverone.net.

9. Kita akan memasukkan kata sandi untuk akun utama, masukkan sesuai kenginan. Kata sandi yang baik adalah kata yang tidak ada di dalam kamus, terdiri dari huruf dan angka, atau simbol-simbol tertentu, dan dirubah secara berkala. Dalam kasus ini, masukkan root, lalu masukan root lagi saat konfirmasi sandi. Akun utama atau root, memiliki hak akses paling tinggi. Dia bisa melakukan apa saja dengan sistem dan tidak ada yang membatasinya. Pastikan ketika anda membuat server asli, kata sandi akun root anda sangat kuat.

10. Setelah itu, akan diminta untuk memasukkan nama lengkap pengguna. Masukan nama anda.

11. Masukkan nama pengguna untuk akun pribadi anda sendiri. Nama depan merupakan plihan yang cukup. Masukkan juga kata sandi, lalu konfirmasi lagi kata sandi.

12. Masukkan kota tempat anda tinggal, digunakan untuk menentukan waktu.

13. Tunggu sampai proses pengecekkan hardware selesai.

14. Pilih proses partisi secara manual, Pilih disk yang akan di partisi, masukkan 50% sebagai ukuran disk. Tekan enter, dan pilih yes, lihat bagian bootable flag, aktifkan bagian bootable flag. Lakukan hal yang sama pada sisa partisi lainya. Dalam kasus ini, di server contoh menggunakan 3 partisi. Satu root, satu swap, dan satu home. Pilih yes, lalu biarkan proses partisi berjalan.



15. Biarkan proses instalasi berjalan.

16. Apabila dalam proses instalasi ada pertanyaan, Apakah ada media instalasi lainya? DVD atau CD? Apabila ada, masukkan DVD dan pilih yes, apabila tidak, pilih no.

17. Akan ada pertanyaan lagi, apakah perlu menggunakan network mirror? Network mirror adalah master debian yang ada di internet, berfungsi untuk mengambil data-data yang mungkin tidak ada di DVD atau CD. Silahkan pilih ya apabila anda ingin menggunakan network mirror, syaratnya anda harus mempunyai koneksi internet.

18. Apabila ada pertanyaan seputar berkontribusi untuk popularity contest, pilih no.

19. Setelah itu akan disediakan pilihan apa saja yang akan diinstal. Karena kita membuat sebuah server sederhana, silahkan pilih web server, DNS server, SQL Database, SSH Server, dan Standard System Utilities. Lalu biarkan proses instalasi berjalan kembali.

20. Akan ada pesan, apabila PC yang sudah anda sudah ada sistem operasinya. Maka menginsall GRUB akan embuat sistem operasi yang sebelumnya tidak bisa digunakan. Kecuali nanti diatur ulang. Kita asumsikan bahwa anda belum menginstall apa-apa karena tujuanya adalah membuat PC khusus server. Pilih yes.

21. Selesai!


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Instal Debian 5 CLI - How to Instalasi Debian 5 Lenny CLI"

close