Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Besaran Turunan dan Alat Ukur Besaran Turunan

besaran turunan, pengertian besaran turunan, apa itu besaran turunan, jenis jenis alat ukur besaran turunan, alat ukur besaran turunan, besaran turunan adalah, jenis jenis besaran turunan

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Pernahkah kamu mendengar mendengar kecepatan orang berlalri 15 km/jam, massa jenis 1 g/, dan volume air 25 ? Besaran seperti kecepatan, massa jenis, dan volume air adalah besaran yang diturunkan dari besaran lain. 

Sebagai contoh, besaran untuk kecepatan diperoleh dari membagi besaran panjang dengan besaran waktu. Dengan demikian, satuan besaran turunan diperoleh dari membagi satuan panjang dengan satuan waktu. Beberapa contoh besaran turunan adalah tekanan percepatan, usaha, gaya, daya, dan massa jenis. 

Satuan Besaran Turunan

Satuan turunan adalah satuan yang diperoleh dari perkalian atau pembagian satuan SI. Dari ilmu matematika kita sudah mengetahui bahwa luas sebuah persegi panjang adalah hasil perkalian panjang sisi dengan lebar sisinya. sebuah persegi panjang dengan panjang a meter dan lebar b meter. Luas persegi panjang tersebut adalah L = a (meter) X b (meter) = ab meter persegi = ab . Dalam hal ini, L (luas) merupakan besaran turunan dengan satuan , a (panjang persegi panjang) merupakan besaran panjang dengan satuan m, dan b (lebar persegi panjang merupakan besaran panjang dengan satuan m.

Alat Ukur Besaran Turunan

Alat Ukur Besaran Volume 

volume benda beraturan dapat diukur dengan alat ukur panjang seperti mistar kemudian dengan perhitungan atau rumus didapatkan volume benda tersebut. Volume benda tidak beraturan dapat diukur dengan gelas ukur, yaitu dengan memasukkan air ke dalam gelas ukur pada volume tertentu kemudian benda tidak beraturan tersebut dimasukkan ke dalam gelas ukur.


Alat Ukur Besaran Kecepatan

Kelajuan yang sering kita sebut sebagai kecepatan seperti kecepatan mobil dan sepeda motor dapat diukur dengan menggunakan spidometer


Alat Ukur Besaran Gaya

Gaya dapat diukur dengan neraca pegas atau bisa disebut dinamometer.


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Besaran Turunan dan Alat Ukur Besaran Turunan"

close