Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Word - Membuat Halaman Berbeda Menggunakan Page Break

Pada sebuah dokumen, saat akan berpindah halaman misalnya: pada saat membuat daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran yang membutuhkan penomoran halaman yang berbeda. Dimana pada daftar isi, penomoran halaman menggunakan angka romawi, sedangkan pada isi menggunakan penomoran angka. Pada kondisi tersebut dibutuhkan pemanfaatan fitur Page Break.

Contoh pada saat pembuatan laporan, pada halaman-halaman awal (misalnya: kata pengatar, daftar isi, daftar gambar dan daftar tabel) biasanya digunakan format nomor romawi kecil (i,ii,iii..), lalu saat menginjak isi laporan format penomoran diganti dengan angka (1,2,3,4..). Untuk mengatasi permasalahan diatas, hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Misalkan daftar isi pada laporan terdapat 1 halaman, lalu daftar gambar 1 halaman dan daftar tabel 1 halaman juga. Lalu pada halaman keempat dimulai dengan isi laporan yaitu Bab 1 Pendahuluan dan seterusnya. Pada halaman pertama sampai dengan halaman ketiga diberi penomoran halaman dengan romawi kecil dan kemudian pada halama keempat dimulai dengan penomoran halaman dengan angka 1.
  2. Arahkan pointer pada halaman pertama, lalu pada tab Insert, pada grup Header & Footer, pilih Page Number, lalu pilih Format Page Numbers. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog Page Number Format, lalu pilih bentuk nomor halaman romawi (i,ii,iii...). Lalu klik Ok.
  3. Selanjutnya untuk menentukan letak dari penempatan nomor halaman, maka pilih Insert, pada grup Header & Footer, pilih Page Number, lalu pilih pilihan Top of Page (jika ingin menempatkan halaman pada bagian atas). Kemudian pilih Plain Number 3 (untuk penempatan di sebelah kanan atas).

4. Akan terlihat bentuk nomor halaman i,ii,iii seperti gambar dibawah ini.



5. Kemudian untuk penomoran isi laporan, tempatkan kursor pada halaman iii (halaman akhir dari penomoran romawi), lalu pada Tab Home, grup Paragraph, aktifkan perintah Show/Hide.




6. Pastikan kursor berada di akhir ---------- Page Break ---------, lalu klik Tab Page Layout, pada grup Page Setup, klik Breaks, pada pilihan Section Breaks, pilih Next Page.


7. Maka akan muncul ------ Section Break (Next Page) ------.

8. Selanjutnya pada halaman keempat (Bab 1), pilih tab Insert, pada grup Header & Footer, pilih Page Number, lalu pilih Format Page Numbers. Kemudian akan ditampilkan kotak dialog Page Number Format, lalu pilih bentuk nomor halaman angka (1,2,3...). Lalu pada bagian Page Numbering, pada kotak Start at, ketik 1, lalu klik Ok


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Microsoft Word - Membuat Halaman Berbeda Menggunakan Page Break"

close