Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Mengatasi Permasalahan Tata Ruang di Indonesia


Upaya Mengatasi Permasalahan Tata Ruang di Indonesia - Mengurangi hambatan permsalahan tata ruang di Indonesia memang tidak mudah dan membutuhkan kerja keras dari berbagai pihak. Tidak hanya pemerintah yang berwenang menyelesaikan permsalahan itu, tetapi masyarakat juga harus mampu berperan aktif mendukung perencanaan tata ruang di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi persamalahan penerapan tata ruang yaitu sebagai berikut.

1. Peningkatan Peran serta Masyarakat dalam Penataan Ruang
Pembangunan wilayah memerlukan penataan ruang yang berjalan baik dengan keterlibatan masyarakat. Menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dapat mendorong efektivitas proses penataan ruang. Pemerintah bertindak sebagai fasilitator dalam proses penataan ruang. Dengan demikian, masyarakat tidak merasa mendapat tekanan atau paksaan dalam proses pembangunan akibat kurang pemahaman.

2. Penguatan Kerja Sama Pemerintah Daerah
Penataan ruang antardaerah harus saling terintegrasi. Hal ini dilakukan terutama pada wilayah perencanaan yang melewati beberapa daerah administrasi. Misalnya pada permasalahan banjir di perkotaan yang harus diselesaikan dengan upaya terpadu antara kawasan hulu sampai hilir. Kerja sama dan komunikasi antardaerah harus berjalan dengan baik. Dengan demikian, produk penataan ruang yang dihasilkan bersifat komperehensif dan menjawab permsalahan wilayah.

3. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia untuk Penataan Ruang
Permasalahan kurangnya tenaga ahli di bidang penataan ruang harus diatasi dengan menambah dan meningkatkan kualitas SDM. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan arahan dan alternatif solusi teknis sesuai permsalahan penataan ruang di setiap daerah. Peningkatan kualitas sumber daya manusia ini juga harus didukung dengan pendampingan saat proses pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Upaya Mengatasi Permasalahan Tata Ruang di Indonesia"

close