Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Materi Kegiatan Pokok Ekonomi



Pernahkah kamu memerhatikan seseorang makan di rumah makan atau orang yang minum secangkir kopi di sebuah warung? Tahukah kamu, makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut harus diolah terlebih dahulu melalui proses? Misalnya, untuk menjadi kopi yang siap diminum harus melalui beberapa tahap, mulai tahap memanen buah kopi, pengeringan kopi, dan penggilingan buah kopi sampai menjadi halus. Semua proses tersebut harus melalui proses produksi. Kopi yang telah melalui proses produksi, kemudian didistribusikan ke daerah-daerah agar dapat dikonsumsi.


Rangkuman Materi Kegiatan Pokok Ekonomi



Iktisar

Konsumsi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa yang dilakukan sekaligus atau bertahap untuk memenuhi kebutuhan.

Konsumsi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor ekonomi (perkiraan harga, pendapatan, iklan, harga barang yang bersangkutan, dan harga barang lain) dan faktor non-ekonomi (selera, adat-istiadat, jumlah keluarga, dan mode).

Pola konsumsi adalah suatu tahapan kebutuhan seseorang akan barang dan jasa dalam periode tertentu yang diperoleh melalui sejumlah pendapatan yang diterima.

Produksi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menghasilkan atau mempertinggi nilai kegunaan suatu barang atau jasa.

Tujuan produksi, yaitu menghasilkan barang atau jasa, mendapatkan keuntungan, mengganti barang yang rusak, dan mendapatkan kemakmuran.

Nilai guna suatu barang atau jasa dapat dipengaruhi berdasarkan bentuknya (form utility), tempat (place utility), waktu (time utility), dan kepemilikan (ownership utility).

Faktor-faktor yang memengaruhi produksi, yaitu sumber daya alam, sumber daya mansusia, modal, dan kewirausahaan.

Usaha meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi dapat dilakukan dengan cara ekstensifikasi, intensifikasi, spesialisasi diversifikasi, rehabilitasi, dan mekanisasi.

Distribusi adalah semua kegiatan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Fungsi distribusi, yaitu menyalurkan barang atau jasa yang dihasilkan produsen konsumen, memecahkan persoalan perbedaan waktu, me mecah persoalan perbedaan tempat, dan menge lompokkan kombinasi barang atau jasa berdasarkan jumlah dan jenisnya.

Saluran distribusi adalah lembaga yang digunakan produsen untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen sampai ke tangan konsumen.

Panjang pendeknya saluran distribusi dipengaruhi beberapa faktor, yaitu sifat dan jenis barang, konsumen dan lokasi, jumlah barang yang dihasil kan, sarana komunikasi dan transportasi yang tersedia, serta biaya pengangkutan.

Lembaga-lembaga saluran distribusi terdiri atas: pedagang, agen, makelar, komisioner, eksportir, dan importir.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi Kegiatan Pokok Ekonomi"

close