Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS






         Dalam penyampaian informasi dan komunikasi, gambar grafis sudah merupakan kebutuhan pokok pada area Teknologi Informasi dewasa ini. sejak di perkenalkan sistem GUI (graphical User Interface), kebutuhan akan teknologi grafis semakin meningkat.perintah - perintah pada program aplikasi sekarang banyak menggunakan ikon atau toobox secara visual sebagai penggganti menu atau perintah yang berbasis command line (teks).
        Pada pembuatan media informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website.hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software , terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang desain grafis, sehingga bermunculan software - software berbasis grafis dengan fitur - fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik , dan compatible.

Pengertian Grafis berbasis Vektor dan Bitmap

     Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat - koordinat. dengan demikian semua gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik - titik yang mempunyai nilai koordinat, layar monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat x dan y.
       Pada desain grafis, desain di bagi menjadi dua kelompok, yakni desain bitmap dan vektor. grafis bitmap di bentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat. semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya akan semakin besar.
      Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. hal ini berkaitan dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter) yang di gunakan jika gambar tampilan bitmap beresolusi tinggi di tampilkan pada monitor dengan resolusi rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar, bahkan terlihat kabur berbentuk kotak - kotak (juggy) jika di lakukan pembesaran gambar. satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi (dot per inch) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.
      Beberapa grafis bitmap dapat anda temui di file komputer, yakni file komputer yang berekstensi .bmp, .jpg, .tif, .gif, .pix, dan .pcx. grafis ini bisa di gunakan untuk kepentingan foto - foto didital. program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain: adobe photoshop, corel photo paint, microsoft photo editor dna macromedia fireworks.

Macam - macam program Grafis

       semakin meningkatnya kebutuhan akan citra gambar mendorong beberapa perusahaan software grafis untuk terus meningkatkan kemampuan dari software. software grafis secara umum di bagi menjadi dua yaitu grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap. CorelDraw 12 adalah salah satu software berbasis vektor yang banyak di gunakan. kemudahan dalam penggunaannya membuat software itu di kenal sebagai software andal dalam mendesain gambar vektor. AdobePhotoshop CS adalah salah satu software berbasis bitmap yang banyak di gunakan pula. berikut contoh software berbasis grafis :
1. CorelDRAW 12
2. Corel Photopaint
3. Adobe Photoshop CS2
4. Macromedia Freehand MX
5. Adobe Illustrator 
6. Microsoft Photo Editor 

Keunggulan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap

      Grafis vektor dan grafis bitmap mempunyai keunggulan dan kelemahan masing - masing. keunggulan grafis vektor adalah ukuran file dokumen yang di hasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file. kelemahannya dari grafis vektor adalah pemakaian prosesor yang memakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja menjadi lebih lambat. sedangkan keunggulan dari grafis bitmap adalah pemakaian memori lebih kecil di bandingkan grafis vektor. kelemahan dari grafis bitmap adalah ukuran file dokumen yang di hasilkan besar, sehingga membutuhkan memori yang lebih besar. kehalusan gambar grafis vektor tidak bergantung pada ukuran dpi, tetapi pada output device, seperti monitor dan printer. semakin canggih output device yang di gunakan, semakin halus citra grafis yang tampak.

baca selengkapnya
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

1 komentar untuk "PROGRAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS"

close