Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Beriman terhadap kitab-kitab Allah SWT adalah rukun iman ketiga. Definisi iman menurut bahasa mempunyai arti percaya atau membenarkan. Sedangkan kitab artinya lembaran-lembaran yang dibukukan. Arti iman menurut istilah adalah kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Sehingga iman kepada kitab Allah SWT mempunyai pengertian percaya dan meyakini dengan penuh bahwa Allah SWT mempunyai kitab yang telah diturunkan kepada para rasul agar menjadi pedoman untuk dirinya dan umatnya. Allah SWT menurunkan kitab suci-Nya, tujuannya agar umat manusia tidak tersesat.

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)
Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)
Bagi seorang mukmin hukumnya adalah wajib untuk mengimani kitab-kitab Allah SWT. Hukum beriman kepada kitab-kitab Allah adalah fardu ’ain. Hal ini karena hal tersebut merupakan hal-hal yang mendasar dalam suatu akidah, sehingga untuk orang yang tidak percaya adanya kitab-kitab Allah dinamakan kafir, sebagaimana firman Allah swt. dalam Surah Al-Baqarah ayat 213 yang artinya ”Manusia itu adalah umat yang satu (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi kabar gembira pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka kitab dengan benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka selisihkan. Tidaklah berselisih tentang kitab itu, melainkan orang datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkan itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang-orang yang dikehendakiNya kepada jalan lurus.” (Q.S. al-Baqarah/2: 213)

Seorang belum dikatakan sebagai mukmin jika ia belum beriman kepada kitab-kitab-Nya. Alllah SWT berfirman dalam Al-Qur’an yaitu dalam surat an-Nisa’ ayat 136 yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauhjauhnya.(Q.S. An-Nisa’/4:136).
Demikian artikel Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Agama dapat dilihat di >> Materi Agama.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Pengertian Iman Kepada Kitab-Kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)"

close