Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8) ~ KamuBisa-iO. Beriman kitab Allah merupakan keyakinan bahwa benar ada kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Hal yang dapat dilakukan sebagai cara beriman kepada kitab-kitab Allah yaitu sebagai berikut.

Dalam surah an-Nisaa ayat 136, Allah swt berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-Nya, rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”

Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)

Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)
Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)
A). Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada para Rasul sebelum Al-Qur’an. Kitab-kitab Allah yang diturunkan sebelum Al-Qur’an harus kita yakini adanya dan kita percayai akan kebenaran isinya, karena semua datangnya dari Allah sehingga semua kitab Allah swt. tersebut pasti tidak bertentangan dengan Al-Qur’an.

B). Beriman kepada kitab Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk meyakini dan mempercayai bahwa Al-Qur’an adalah kitab Allah swt., maka kita perlu melakukan paling tidak melakukan 4 hal berikut ini. Pertama, meyakini dan percaya bahwa Al-Qur’an merupakan benar-benar wahyu yang berasal dari Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad dan bukan ciptaan manusia. Kedua, meyakini dan mempercayai kebenaran dari isi Al-Qur’an dan tidak mengingkarinya. Ketiga menerima Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan pedoman berpikir dalam mempelajari rahasia-rahasia Allah di alam dunia ini. Dan keempat adalah mempelajari, memahami dan mengamalkan isi dari kandungan Al-Qur’an di dalam kehidupan sehari-hari dengan tidak ada pemikiran untuk meninggalkan.

Seorang yang beriman kepada kitab-kitab Allah akan yakin dengan sepenuh hati, bahwa apa saja yang disampaikan dalam kitab merupakan firman Allah. Firman Allah tersebut benar dan tidak mungkin adanya cela, apalagi salah.

Allah berfirman yang artinya "Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (Q.S. Al-Baqarah/2:4).

Yang dimaksud kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu (Muhammad saw.) adalah kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Quran antara lain Taurat, Zabur, Injil, dan suhuf-suhuf yang tersebut dalam Al- Qur’an yang diturunkan kepada para rasul. Suhuf adalah kitab yang diturunkan dalam bentuk tulisan, seperti al Quran. Allah SWT menurunkan kitab kepada Rasul dengan memberikan wahyu kepada Jibril. Kemudian Jibril menyampaikannya kepada rasul. Ada tiga hal yang menjadi sebab perbedaan dalam cara mengimani kitab-kitab Allah swt., yaitu sebagai berikut:
  • Masa berlaku kitab-kitab sebelum Al-Qur’an sudah habis, sesuai masa hidup nabi-nabi  penerimanya.
  • Kitab-kitab sebelum Al-Qur’an terbatas hanya untuk satu umat, yakni umat yang hidup pada masa itu dan wilayah tertentu. Misalnya kitab Injil untuk umat Nabi Isa, as dan untuk kaum Bani Israil.
  • Kandungan pokok kitab-kitab sebelum Al-Qur’an sudah tercantum dalam Al-Qur’an.
Demikian artikel Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8),  Semoga bermanfaat. Untuk melihat seluruh materi Agama dapat dilihat di >> Materi Agama.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Beriman kepada Kitab-kitab Allah (Materi Pelajaran Agama Kelas 8)"

close