Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roda Gigi Transmisi

Kecepatan sepeda motor dipengaruhi oleh posisi roda gigi transmisinya. Pada posisi roda gigi transmisi
netral sepeda motor berhenti, pada posisi gigi pertama kecepatan sepeda motor rendah, pada posisi transmisi maksimum kecepatan sepeda motor maksimum. Gigi transmisi sepeda motor umumnya sampat empat tingkat kecepatan tetapi ada beberapa sepeda motor yang mempunyai lima tingkat kecepatan. Pengoperasian roda gigi transmisi harus sesuai dengan beban dan kecepatan sepeda motor. Pada jalan yang naik sebaiknya posisi gigi transmisi tidak maksimum agar tenaga sepeda motor cukup besar. Demikian pula pada saat turun sebaiknya posisi roda gigi transmisi tidak maksimum untuk memperoleh efek pengereman. 

Posisi transmisi pada kecepatan rendah sebaiknya juga tidak maksimum agar sepeda motor tidak mati jika tiba - tiba dipercepat jalannya. Penempatan roda gigi transmisi yang tidak tepat akan mempercepat kerusakan roda gigi - giginya. Gigi cepat aus dan retak.

Pemeriksaan dan perawatan:
  1. Taruh sepeda motor pada penyangga tengah. Periksa ketinggian oli transmisi dengan mencabut batang pengukurnya. Permukaan oli transmisi harus ada di antara garis batas min dan max. Jika jumlah oli transmisi kurang, tambahkan secukupnya dengan jenis oli yang sama. 
  2. Periksa kualitas oli mesin. Oli yang sudah kotor dan terlalu encer berarti kualitasnya telah menurun. Dalam hal ini oli transmisi harus diganti.
  3. Hidupkan sepeda motor beberapa saat lamanya sampai motor panas. Setelah itu matikan motor dan buka bau pembuang oli. Hati - hatilah pada waktu membuka baut tersebut karena oli yang keluar cukup panas. Jangan lupa taruh panci di bawahnya agar oli tidak melimpah ke lantai. Bersihkan bagian dalam bak oli dengan udara semprot dan solar berulang - ulang kemudian keringkan dengan udara semprot sebagai langkah pembersihan akhir. Setelah itu pasang baut pembuang dan isi bak transmisi dengan oli yang baru secukupnya, 
  4. Apabila terdapat ganguan kerusakan pada transmisi sebaiknya diserahkan ke bengkel servisnya karena transmisi merupakan bagian yang rumit dan butuh keahlian serta pengalaman untuk melayaninya.
Bagian - bagian transmisi:
    Roda Gigi Transmisi
  1. Bak transmisi
  2.  Poros transmisi
  3. Roda gigi transmisi
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Roda Gigi Transmisi"

close