Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Jaringan Telkomsel Hilang? Inilah Penjelasan Beserta Solusinya

Seperti yang kita tahu, Akhir-akhir ini kerap kali terjadi jaringan Telkomsel menghilang secara tiba-tiba. Sehingga menyebabkan sinyal yamg menghilang dan tidak adanya akses ke internet bahkan tidak bisa digunakan nelpon dan SMS.

Banyak orang yang cukup kecewa ketika jaringan Telkomsel hilang. Karena hal ini bisa memperlambat kita dalam komunikasi, Terlebih lagi jika digunakan untuk akses internet. Biasanya ketika jaringan Telkomsel hilang. Hal ini akan terjadi lagi dalam waktu dekat, Entah itu besok atau beberapa jam kemudian.

Jaringan Telkomsel Hilang

Seperti yang kita tahu bahwa Telkomsel merupakan salah satu Provider dengan pelanggan setia yang sangat banyak di Indonesia. Bahkan kualitas dari perusahaan plat merah ini sangat baik.

Sinyalnya yang kuat dan stabil serta meluas hingga ke pelosok. Menjadikan kartu dari provider Telkomsel cukup bisa di andalkan. Namun adakalanya beberapa pengguna mengalami masalah saat menggunakan kartu dari Telkomsel.

Masalah yang sering ditemui di kartu Telkomsel yaitu jaringan Telkomsel yang tiba-tiba hilang. Masalah ini bahkan tidak terjadi di Kartu Provider Telkomsel saja, Melainkan provider lain. Rata-rata penyebab dari masalah ini hampir serupa.

Kenapa Jaringan Telkomsel Hilang ?

Ada beberapa penyebab kenapa Jaringan Telkomsel tiba-tiba hilang. Dengan mengetahui penyeban dari masalah ini, Maka kamu bisa mencari solusi yang saya bahas dibawah. Untuk penyebabnya apa saja, Silahkan simak berikut.
  • Gangguan Dari Provider - Gangguan dari provider merupakan penyebab utama kenapa jaringan tiba-tiba hilang dan sinyal hilang total. Saat provider mengalami gangguan, Memang tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan biasanya mendadak. 
  • Kartu Telkomsel Hangus - Pernah menemukan atau mengalami kartu SIM hangus? pastinya jarang kan. Hangus disini yaitu ketika masa aktif kartu telah terlewati bahkan masa tenggang. Sehingga kartu SIM oleh provider dianggap tidak terpakai dan menyebabkan kartu Hangus.
  • Akibat Wilayah Sinyal Tidak Bagus - Walau Telkomsel mempunyai sinyal yang kuat dan meluas. Namun masih ada beberapa daerah yang kurang terjangkau oleh sinyal Telkomsel. Sehingga saat kamu menggunakan HP di daerah tersebut, Akan mengakibatkan Jaringan Telkomsel Hilang.
  • Kerusakan Pada Perangkat - Selain masalah timbul dari Provider, Bisa jadi masalah disebabkan oleh perangkat itu sendiri. Dimana perangkat mengalami kerusakan dari dalam, Sehingga jaringan tidak tertangkap dengan baik.

Cara Mengatasi Jaringan Telkomsel Hilang

Untuk cara mengatasi jaringan Telkomsel yang hilang memang tidak mudah. kamu perlu mengetahui penyebab sesuai yang saya tulis diatas. Jika sudah maka kamu tinggal mencarikan solusi yang sesuai. Untuk cara mengatasi jaringan Telkomsel yang hilang, Silahkan simak berikut ini.

1. On Off Mode Pesawat

Cara pertama untuk jaringan kartu Telkomsel yang hilang yaitu dengan on off mode pesawat. Cara pertama ini cukup mudah dan cukup ampuh saat perangkat kehilangan jaringan dari kartu Telkomsel. Sobat tinggal hidupkan mode pesawat sementara dan kemudian matikan lagi agar jaringan Telkomsel terefresh dengan sendirinya. Saya sendiri sering melakukan hal ini ketika jaringan Telkomsel tiba-tiba hilang.

2. Pindai Jaringan Secara Manual

Jaringan Telkomsel dan provider lain sebenarnya bisa kita pindai secara manual menggunakan smartphone. Karena biasanya jaringan yang terdaftar terpindai otomatis oleh perangkat. Dan saat jaringan Telkomsel hilang secara tiba-tiba, Maka kamu bisa pindai jaringan tersebut secara manual. Untuk cara memindai jaringan kartu Telkomsel secara manual sebagai berikut.
  1. Buka pengaturan.
  2. Kemudian pilih "jaringan & internet".
  3. Lalu pilih "jaringan seluler".
  4. Selanjutnya pilih kartu Telkomsel.
  5. Lanjut kamu matikan "pilih jaringan secara otomatis".
  6. Maka perangkat akan memindai jaringan di sekitar perangkat.
  7. Jika proses pemindaian selesai, kamu pilih Telkomsel4G atau jika tidak ada kamu pilih Telkomsel3G terlebih dahulu untuk sementara waktu.

3. Pastikan Kartu Telkomsel Tidak Hangus

Ketika kartu Telkomsel hangus atau mati. Maka beberapa fitur dari kartu Telkomsel akan terbatas. Seperti tidak bisa menerima sms dan lain-lain. Namun yang paling parah yaitu ketika kartu sudah tidak ada jaringan sama sekali. Hal ini lantaran kartu sudah melewati masa aktif dan masa tenggang sehingga menyebabkan kartu hangus.

Oleh karena itu pastikan agar kartu untuk hidup selalu dan tidak melewati masa aktif atau masa tenggang agar tidak hangus.

4. Pastikan Konfigurasi APN Benar

Jika jaringan kamu hilang setelah mengotak-atik pengaturan APN. Maka penyebabnya yaitu dari mengatur APN yang tidak benar. kamu tinggal mengubah setelan APN ke setelan default agar kartu Telkomsel normal kembali.

5. Restart Smartphone

Cara yang cukup mudah ketika jaringa Telkomsel hilang yaitu merestart smartphone agar refresh kembali. Dengan begitu perangkat akan memindai ulang jaringan dan jaringa Telkomsel bisa normal seleperti sedia kala.

6. Tunggu Beberapa Waktu

Jika jaringan Telkomsel hilang karena gangguan dari provider. Maka kamu tinggal menunggu beberapa menit atau jam sampai jaringan kembali normal. Gangguan dari Provider memang cukup sering terutama sudah masuk musim penghujan.

7. Hubungi Costumer Service

Jika jaringan Telkomsel kamu hilang, Maka langkah terakhir yang bisa kamu ambil yaitu menghubungi CS Telkomsel. Dengan begitu maka kamu akan diberi beberapa saran dan solusi agar bisa mengatasi jaringan Telkomsel hilang. Terutama untuk mengetahui penyebab, Pastinya CS lebih tahu.

Kesimpulan

Jaringan Telkomsel yang hilang memang jarang terjadi. Namun saat bermasalah, Biasanya perangkat lain yang menggunakan kartu Telkomsel yang sama juga terdampak. Sekian informasi dari Blog 401xd.com dan jika ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah.

Selain sebagai media tutorial gadget, kami juga berbagi artikel dan panduan seputar teknik komputer dan jaringan.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kenapa Jaringan Telkomsel Hilang? Inilah Penjelasan Beserta Solusinya"

close