Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Ilmu Ekonomi dalam Masalah Kelangkaan

Dari uraian sebelumnya, Anda dapat menyimpulkan dua kenyataan berikut ini. 
  1. Untuk dapat hidup layak, manusia membutuhkan serta menginginkan bermacam-macam hal seperti makanan, minuman, pakaian, obat, dan lain-lain. Kebutuhan (needs) manusia banyak dan beraneka ragam. 
  2. Sumber-sumber, sarana, atau alat-alat yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan terbatas atau langka, baik dalam hal jumlah, bentuk, macam, waktu, dan tempat.
Dari kedua kenyataan pokok tersebut timbullah inti permasalahan ekonomi, yaitu bagaimana dengan sumber-sumber ekonomi yang terbatas, orang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang beraneka ragam. Inti persoalan ekonomi dihadapi oleh perorangan, keluarga, perusahaan, koperasi, bangsa, bahkan dunia internasional. Menghadapi kenyataan tersebut, apa yang sebaiknya dilakukan manusia? Ya, manusia terpaksa mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memanfaatkan sumber-sumber ekonomi yang langka itu pada alternatif penggunaan yang paling baik secara efisien dan serasional mungkin.

Peran Ilmu Ekonomi dalam Masalah Kelangkaan

Sifat lain dari sumber daya, yaitu dapat digunakan untuk lebih dari satu keperluan. Misalnya, sebidang tanah dapat dipakai untuk lahan pertanian, mendirikan rumah, atau lapangan golf. Istilah yang sering dipakai adalah ”alternatif”. Artinya ada lebih dari satu kemungkinan atau ada kemungkinan lain.

Salah satu segi dari persoalan ekonomi, yaitu sumber daya yang digunakan untuk tujuan yang satu, tidak dapat sekaligus digunakan untuk keperluan lain. Uang yang sudah digunakan untuk membeli bakso tidak sekaligus bisa digunakan untuk membeli satai. Apabila Anda menjatuhkan pilihan pada salah satu, maka otomatis Anda harus melepaskan kemungkinan yang lain. Di sinilah ilmu ekonomi memegang perananannya, yaitu membantu kita melakukan pilihan terbaik (The Study of Choice).
Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Peran Ilmu Ekonomi dalam Masalah Kelangkaan"