Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah Konstrain Menggunakan SSMS dan T-SQL

SQL Server 2012 memungkinkan untuk menambah beberapa konstrain pada sebuah tabel. Tujuan utama dari kebanyakan konstrain adalah inegritas data. Dengan kata lain, tujuannya adalah untuk meningkatkan viliditas dan konsistensi data.

Konstrain Kunci Utama

Kunci utama merupakan kolom yang berisi daftar nilai - nilai yang bersifat unik. Biasannya sebuah kolom bertipe Integr ditambahkan pada sebuah tabel dengan properti indentity dan digunakan sebagai kunci utama. Namun, kunci utama juga dapat dibuat dari hampir semua kolom atau kombinasi dari kolom - kolom. Syarata utamanya adalah tidak diizinkan kolom bernilai null, nilanya harus unik, dan hanya boleh terdapat satu kunci utama untuk setiap tabel. Pada tabel - tabel sebelumnya (Employee dan Address) terdapat nilai ID yang bersifat unik dan dapat dijadikan sebagai kunci utama.

Konstrain Default 

Konstrain default terutama digunakan pada kolom yang secara tipikal berisi nilai spesifik. Kandidat terbaiknya adalah kolom dengan tipe data bit yang hanya menerima 1 atau 0 (true atau false). Sebagai contoh, jika pada tabel Employee ditambahkan kolom Active yang menentukan apakah seorang pegawai saat ini masih bekerja di perusahaan, dengan nilai default-nya adalah true atau 1, maka nilai default tersebut juga harus diatur pada kolom tersebut.

Konstrain Unik

Konstrain unik memastikan nilai - nilai duplikat tidak dapat ditambahkan ke dalam kolom. Misalnya, asumsikan diperlukan untuk menambah kolom nomor Social Security ke tabel Employee. Karena nomor Social Security merupakan nilai yang benar - benar unik, maka harus ditambahkan konstrain unik memastikan nomor Social Security yang diberikan hanya dimasukkan satu kali.

Konstrain Check

Konstrain check memungkinkan untuk memeriksa nilai yang dimasukkan melalui ekspresi logikal. Konstrain ini mirip dengan kolom kunci asing, yaitu mengontrol nilai yang dimasukkan. Kolom kunci asing mengambil nilai dari tabel lainnya, sedangkan konstrain check menggunakan ekspresi. sebelum mencoba untuk menambah konstrain, jalankan terlebih dahulu script berikut ini.

Menambah Konstrain Menggunakan SSMS

1. Aktifkan SSMS dan lakukan koneksi ke instance SQL Server
2. Jika Object Explorer belum terbuka, maka tekan tombol F8
3. Ekspansi folder Databases
4. Ekspansi basis data Modul03SSMS
5. Ekspansi folder Tables
6. Klik kanan tabel HumanResources.Employee. Pilih Design dari menu context dan akan di tampilkan jendela untuk mendesain tabel.
7. Klik kanan kolom EmployeeID, kemudian pilih Set Primary Key dari Menu context


8. Pilih kolom Active
9. Pada bagian Column Properties, arahkan ke kotak isian properti Default Value or Binding. Ketikkan 1 sebgai nilai properti


10. Pada standard toolbar, klik tombol Manage Indexes and Keys


11. Pada kotak dialog Indexex/Keys, klik tombol Add pada jendela Indexes/Keys


12. Arahkan ke kotak isian properti Name dan ketikkan UQ_Employee_SSN sebagai nilai properti
13. Arahkan ke kotak isian properti Is Unique dan ubah nilanya menjadi Yes
14. Arahkan ke kotak isian properti Type dan ubah nilanya menjadi Unique Key.
15. Klik tombol Close


16. Pada Object Explorer, ekspansi tabel HumanResources.Employee
17. Klik kanan folder Constraints dan plih New Contraint... dari menu context


18. Pada kotak dialog Check Constraint, ubah nilai properti Name menjadi CK_Employee_Gender_MF
19, Arahkan ke kotak isian properti Expression dan klik tombol elipsis


20. Pada kotak Expression, ketikkan ([Gender]='Female' OR [Gender]='Male'). Klik tombol OK


21. Klik tombol Close 


22. Pilih menu File | Save (atau tekan Ctrl+S atau klik tombol Save di standard toolbar) untuk menyimpan penambahan konstrain
23. Setelah proses selesai, konstrain yang ditambah pada tabel Employee yang berada di basis data Modul03SSMS akan di tampilkan di Object Explorer

Menambah Konstrain Menggunakan T-SQL

1. Aktifkan editor query di SSMS
2. Ketikkan dan jalankan kode T-SQL berikut :


3. Setelah proses selesai, konstrain yang ditambah pada tabel Employee yang berada di bari data Modul03TSQL akan di tampilkan di Object Explorer


Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Menambah Konstrain Menggunakan SSMS dan T-SQL"