Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Tembus FK PTN dan PTS

Wowitukeren - Sebagai salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia. Jurusan di Fakultas Kedokteran (FK) tidak akan pernah sepi dari peminat yang setiap tahunnya semakin meningkat. Baik itu di perguruan tinggi negeri maupun di swasta sekalipun, banyak sekali calon mahasiswa kedokteran yang rela menghabiskan banyak uang untuk bisa lolos di FK tersebut.

Trik Tembus FK PTN dan PTS

Rasa was-was pasti menyelimuti diri sobat wow yang ingin kuliah di FK PTN, pasalnya kuota yang disedikan cukuplah sedikit begitu juga di PTS yang dimana untuk jurusan di FK memiliki daya tampung yang dibatasi setiap tahunnya. Lalu bagaimana cara kita untuk menghadapi permasalahan ini? Belajar sudah, les ditempat yang berkualitas sudah lalu bagaimana sih agar kita bisa tembus di FK? Tanpa menunggu waktu lama ya sobat, ini dia triknya agar sobat wow bisa tembus di FK yang diminati oleh sobat wow.


Belajar sangat rajin dan berdoa tiada henti serta selalu mohon doa restu dari orang tua merupakan hal utama yang harus sobat wow lakukan. Melewati passing grade fakultas kedokteran suatu universitas bukan hal mudah apalagi harus bersaing dengan pelajar-pelajar hebat se-Indonesia sehingga butuh belajar luar biasa. Buktikan bahwa sobat wow memang pantas untuk menerima ilmu-ilmu kedokteran jika sobat wow tembus di FK nantinya.

Uji coba hasil belajar sobat wow sebanyak mungkin dengan makin sering mengikuti try out dengan beragam pilihan fakultas kedokteran dari beragam universitas. Yang terpenting jangan hanya mengandalkan PTN saja cobalah untuk mencoba di FK PTS juga.

Cari informasi sebanyak-banyaknya mungkin tentang fakultas kedokteran yang ingin dimasuki termasuk rangkaian ujian menuju kesana. Jika lolos melalui SNMPTN maka lebih baik. Jangan mudah menyerah dan percaya begitu saja "kata orang" terkait pembiayaan masuk di suatu fakultas kedokteran. Semua hal terkait biaya masuk dan SPP dapat ditanyakan melalui nomer telepon fakultas yang bersangkutan.

Siapkan mental ketika mendapatkan pengumuman tidak lolos di Fakultas Kedokteran suatu Universitas Negeri maupun Swasta. Buka hati dan cari kembali informasi terkait "Ujian Masuk Khusus" di setiap universitas karena hampir sebagian besar universitas membuka jalur "khusus". Jangan mudah percaya ketika ada gosip "uang masuk FK sangat mahal" sebelum diri sobat wow benar-benar mengecek kebenarannya. Bahkan kalau perlu main langsung ke universitas yang dicita-citakan agar mendapatkan informasi yang benar dan valid.

Jangan senang dulu ketika sudah lolos ujian masuk khusus karena setelah itu akan ada uji kesehatan, wawancara dan psikotest yang harus sobat wow tempuh lagi. Persiapkan bekal berupa beragam sertifikat keahlian sobat, misalnya sertifikat olimpiade dll, agar mendapat nilai plus ketika menjalani serangkaian tes lanjutan tersebut.

Dan yang terakhir...tidak menjadi dokter bukan berarti dunia runtuh dan enggan melanjutkan kuliah. Tetap lanjutkan hidup sobat dan timbalah ilmu lain. Jika sobat wow memang sangat ingin dan harus menjadi dokter maka coba lagi ujian tahun berikutnya namun pasang target bahwa sobat tidak boleh membuang waktu lebih dari dua tahun hanya karena harus menjadi dokter. Pikirkan total waktu yang harus dihabiskan untuk belajar menjadi dokter dapat mencapai 10 tahun ditambah masa penantian anda. Jurusan sukses bukan hanya di Fakultas Kedokteran karena di luar sana masih banyak jurusan yang menjanjikan kehidupan lebih baik dan nyaman dibandingkan menjadi seorang dokter. Satu hal lagi, sobat tidak mungkin menjadi kaya dengan menjadi dokter! sobat bisa menjadi kaya karena sobat memiliki jiwa yang mampu menghargai orang lain dan itu dapat sobat wow lakukan di semua fakultas!

Demikian triknya, tetap semangat meskipun sobat wow tidak kuliah di Fakultas Kedokteran. See You.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Trik Tembus FK PTN dan PTS"

close