Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara reset BIOS pada komputer

Reset BIOS penting di lakukan jika suatu waktu komputer anda mengalami gangguan atau kerusakan seperti fail pada saat upgrade BIOS atau BIOS dalam keadaan terpassword tanpa bisa di buka.


BIOS yang mengalami gangguan biasanya akan mendapatkan masalah ketika komputer mulai booting, misalnya muncul pesan kesalahan hardware not recognize hingga gagalnya sistim oparasi di jalankan.

Untuk mengatasinya anda boleh coba untuk melakukan reset BIOS seperti berikut ini.

1. Pertama silahkan matikan komputer dan cabut colokan power guna memastikan tidak ada lagi arus yang masuk ke motherboard.

2. Berikutnya tunggu beberapa menit agar arus dalam motherboard benar-benar hilang, untuk mempercepat silahkah tekan tombol power dan tahan beberapa saat.
3. Buka cashing CPU dan cari pin jumper, bisanya terdapat tulisan CLR CMOS pada motherboard. Pin jumper biasanya berdekatan dengan posisi baterai CMOS, ada yang menggunakan dua hingga tiga pin. Jika menggunakan jenis button, silahkan tekan button clear untuk melakukan reset.

4. Pada komputer pc sekarang, biasanya terdapat jumper 3 pin. Agar mudah melakukan reset, sediakan obeng kecil dan lakukan short dengan menghubungkan obeng antara satu pin dengan pin lainnya dan sebaliknya. Tujuannya adalah agar program yang tersimpan dalam baterai CMOS tereset ke pengaturan pabrik.

Jika sudah, sekarang pasang kembali cashing CPU, dan hidupkan komputer. Jika cara di atas belum berhasil, anda bisa coba mengeluarkan baterai CMOS dan biarkan beberapa menit lalu pasang kembali ke motherboard.

Sekian tulisan singkat cara reset bios komputer pc, semoga berhasil. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara reset BIOS pada komputer"

close