Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Linux

Apakah Linux itu?


            Linux merupakan sebuah sistem operasi dengan kemampuan multiuser dan multitasking yang bersifat free. Free disini bukan diartikan sebagai gratis tetapi berarti kebebasan seperti yang tertuang dalam lisensi yang dimiliki oleh Linux yaitu GNU GPL (GNU is Not Unix General Public License). Perangkat lunak yang mempunyai lisensi GNU GPL akan menjamin 3 (tiga) kebebasan bagi para penggunanya, yaitu : 
1. kebebasan untuk menjalankan perangkat lunak tersebut dengan tujuan apapun. 
2. kebebasan untuk mengubah perangkat lunak tersebut agar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini                           mengharuskan prasyarat tersedianya source code perangkat lunak tersebut. 
3. kebebasan untuk mendistribusikan salinannya, baik secara gratis ataupun dengan biaya.

Sejarah Linux 

        Pembuat sekaligus pemegang hak cipta Linux adalah Linus Bennedict Torvalds. Beliau pada saat itu adalah mahasiswa Universitas Helsinki, Finlandia yang terinspirasi oleh sebuah sistem operasi sejenis Unix yang dinamakan Minix. Walaupun pada awalnya pembuatan Linux dianggap suatu hobi tetapi setelah dilepas ke Internet ternyata mendapat tanggapan yang luar biasa dari programmer di seluruh dunia yang tergabung dalam suatu newsgroup. Selanjutnya Linux dikembangkan oleh Linus dibantu oleh programmer dari seluruh dunia melalui Internet.

Distribusi Linux 

          Linux sendiri sebenarnya hanya sebuah kernel yang merupakan jantung dari suatu sistem operasi. Oleh karena itu kernel memerlukan program-program tambahan yang jalan diatasnya. Kernel Linux yang telah dilengkapi dengan program-program tambahan tersebut dikenal dengan sebutan distribusi atau distro. Distro-distro yang beredar dan terkenal di Indonesia diantaranya adalah Red Hat, Mandarake, Suse, Slackware, Debian dan sebagainya. 

Penggunaan Linux 

          Saat ini umumnya Linux lebih banyak digunakan sebagai suatu server baik itu sebagai mail server, web server, database server dan lain-lain. Selain dikenal lebih stabil juga keamanannya lebih terjamin. Disamping itu Linux bisa juga digunakan sebagai desktop untuk pekerjaan sehari hari dengan aplikasi perkantoran yang biasanya sudah ada di setiap distribusinya. 

Memulai Linux 

         Untuk dapat menggunakan Linux, user harus terlebih dahulu melakukan proses login. Proses login yaitu memasukkan nama login dan password yang sudah terlebih dahulu dibuat oleh administrator sistem. Proses login dapat dilakukan pada modus teks dan modus grafik. 

Login pada Modus Teks 
Tampilan login pada modus teks akan terlihat seperti dibawah ini.

Masukkan nama login dan password pada tempat yang tersedia. 

Login pada Modus Grafik


Masukkan nama user pada kotak isian username, selanjutnya akan diminta untuk memasukkan password.

Keluar dari Sistem Linux 

Logout pada Modus Teks 
Untuk keluar dari sistem Linux pada modus teks, ketikkan exit pada prompt atau tekan tombol [Ctrl]-[D].
Logout pada Modus Grafik 
Untuk keluar dari sistem Linux pada modus grafik, klik Main Menu pada Panel kemudian pilih Log Out. Akan keluar jendela untuk konfirmasi, klik tombol OK. 


Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Lagi Tentang Linux"

close