Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Operasi UNIX dan Pengertiannya



Pengertian UNIX

        UNIX adalah sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak digunakan baik untuk server maupun workstation. Linkungan Unix dan model program client-server menunjukkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang kuat di jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multi-tasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak menggunakan file teks biasa untuk menyimpan data, menggunakan sistem file berjenjang, memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan menggunakan banyak program kecil yang eksekusinya pada CLI dapat digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep yang sangat solid dan stabil membuat Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi modern. Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket bersama. UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

Jenis Server

         Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.
            Contoh sistem operasi server dari windows adalah Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet.

Sejarah unix


           Ken thompson dari laboratorium bell membuat versi awaldari unix dengan nama unics (Uni plexed information and computing servicess) suatu nama yang di pengaruhi oleh sistem opersi pendahulunya.MULtTICS (multifexed information and computing services) multics sendiri juga di ciptakan olek Ken Thompson dengan rekan2xnya versi pertama unix di selesaikan pada tahun 1969,din tulis dengan bahasab rakitan (assembly) pada komputer PDR 7 C sebuah komputer pengeluaran digital equipment corporation. pada tahun 1973 Ken Thompson danb Denis Ritche menulis ulang kernel bagian inti dari sistam v nix denaga bahasa C perkembangan inilah yang membuat unix kini dapat di terapkan pada berbagai mesi , mengingat (adalah bahasa yang mengingat portabel mudah di pindahkan). pemakaian unix pada mesin lain di mulai pada tahun 1976/1977 saat itu Denis Ritce dan Stephen Johnson berhasil memindahkan sistem unix ke sistem interdata 8/32 hal inilah yang menjasdi tambak sejarah yang menunjukan keportabilitasan unix. sekitar tahun 1975, laboratorium memberikan unix ke universitas2x dengan imbalan yang sangat murah , salah satu universitas yang akhirnya melahirkan unix yang sangat populer adalah universitas catalonia , barkeley versi unixnya terkenal dengan nama BSD (barkeley software distribution) . 
             lisensi unix yang bersifat komersial di berikan pertama kalin oleh AT dan T ke system onyx , sebuah perusahaan yangb di dirikan olehBOB mars dan kypmyers pada tahun 1978 saat itu unix di anggap sebagai sistem operasi yang ampuh untuk menangani system 16 bit. pad dekade 80 an unix berkembang dengan pesat termasuk pada PC yang terkenal oleh XENIX (santa cruz operation) yang merupakan sistem mikrosoft. Pada dekade ini pula lahir sistem v (1984 di kembangkan di computing science reshearce group , bell laboratoris , new jersey) yang menjadi kiblt proyek yang di sebut GNU LGNU`S not unix yang di kembangkan oleh yhe free soft ware kondation (FSF) tujuan dari proyek ini adalah membangun sistem secara unix yang bersifat bebas royalti bagi pemrogran dan pengembang. Proyek inilah yang kemudian hari mendasari system operasi unix.

  • 1965 Bell Laboratories bergabung dengan MIT dan General Electric untuk dukungan pengembangan sistem operasi yang baru, Multics, yang bisa menyediakan multi-user, multi-prosesor dan multi-level file system.
  • 1969 AT&T merasa kurang yakin dan keluar dari proyek Multics. Beberapa programmer proyek itu, Ken Thompson, Dennis Ritchie, Rudd Canaday dan DougMcIlroy merancang dan mengimplementasikan file sistem unix pertama, dan diberi nama UNIX oleh Brian Kernighan.

  • 1970 1 Januari ditetapkan sebagai waktu 0 UNIX
    •  1971 Sistem mulai berjalan di atas PDP-11 dengan 16kb memory, termasuk 8 kb untuk program dan 512kb disk. Penggunaan secara nyata dipakai di Laboratorium Bell sebagai alat pengolah kata. UNIX banyak dipakai di antara programmer karena:
    •  1973 Kode Unix ditulis ulang dalam bahasa C, sebuah bahasa pemrograman baru yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Ditulis ulang ke dalam bahasa yang high-level sehingga memudahkan diporting ke komputer/mesin baru.
    •  1974 Thompson dan Ritchie mempopulerkan sistem operasi Unix baru yang mengakibatkan antusias yang tinggi di kalangan akademik sebagai alat yang potensial dalam pengembangan sistem programming. Sejak AT&T menarik dari publik tahun 1956, mereka melisensikan ke universitas untuk kegunaan pendidikan dan juga sebagai produk komersil.
    • 1977 Ada 500 Unix sites di seluruh dunia.
    • 1980 BSD 4.1 (Berkeley Software Development)
    • 1983 SunOS, BSD 4.2, SysV
    • 1984 Ada sekitar 100.000 Unix sites dengan platform yang berbeda-beda.
    • 1988 AT&T dan Sun Microsystems bergabung merancang System V Release 4. Selanjutnya system ini dikembangkan menjadi UnixWare dan Solaris 2.
    • 1993 Novell membeli UNIX dari AT&T
    • 1994 Novell memberi nama “UNIX” menjadi X/OPEN
    • 1995 Santa Cruz Operations (SCO) membeli UnixWare dari Novell. SCO dan HP mengumumkan akan bergabung membangun Unix 64 bit.
    • 1996 International Data Corporation memperkirakan di tahun 1997 akan tersebar tiga juta system Unix di seluruh dunia. Introduction to Unix: ftp://wks.uts.ohio-state.edu/unix_course/unix_book.ps
    • berfungsi di lingkungan programmer, user interface yang mudah, utiliti yang sederhana dengan kinerja tinggi, sistem file yang hirarkis, interface yang sederhana dalam format file, multi-user dan multi-prosesing, arsitektur yang independen dan transparan terhadap user.
    Ciri-ciri Sistem UNIX

    1. Sistem multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan 
    2. Sistem multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan tugas pada saat bersamaan 
    3. Sistem portable : sistem Unix mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain 
    4. Sistem directory berhirarki UNIX : memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses

    Perbedaan Unix Dan Linux

                    Linux adalah antarmuka pengguna grafis OS yang menyediakan dua tipe dasar GUI Gnome dan KDE sementara UNIX didirikan awalnya dengan menggunakan kode perintah. Kemudian UNIX juga dikonversi ke GUI dengan melihat pasar konsumen. The X yang terkenal Windows telah diciptakan untuk UNIX oleh AT & T. Linux dianggap sangat efisien dalam hal deteksi ancaman. Hal ini karena dua fakta Linux adalah OS masyarakat dan setiap kali user pertemuan virus tertentu ia melapor kepada masyarakat dan pengembang OS mulai membantu dia / nya.

    Program di UNIX

    • Pada implementasinya UNIX dirancang bersifat modular, ada sejumlah modul program yang menyusun sistem UNIX
    • Program yang ada di UNIX dapat dikategorikan menjadi 2 golongan : Sistem Unix dasar dan Produk pihak ke tiga
    • Sistem Unix dasar terbagi menjadi 3 bagian program, ditambah program aplikasi yaitu: Utilitas , Shell danKernel
    • Program aplikasi adalah program yg dibuat oleh pihak ketiga yang biasanya dijual secara terpisah dari sistem UNIX
    • Utilitas : Program yang disediakan sistem Unix untuk melaksanakan tugas tertentu, misalnya untuk Mengirimkan berita, Menyunting berita , Melakukan perhitungan dan Memanipulasi file
    • Kernel : inti dari sistem Unix yang mengontrol perangkat keras dan melaksanakan berbagai tugas, antara lain Mengendalikan akses terhadap komputer , Manajemen sistem file dan penanganan sekuriti ,Pelayanan operasi output dan input, Manajemen dan penjadwalan proses ,Manajemen memori komputer
    • Shell adalah Penterjemah pada sistem Unix yang merupakan jembatan antara pemakai dan system unix
    Konsep UNIX

            Dengan definisi yang paling sederhana, UNIX adalah sistem operasi komputer - software dasar yang mengendalikan sistem komputer dan periferal. Dalam arti ini, UNIX berperilaku dengan cara yang sama bahwa PC mungkin lebih akrab sistem operasi Windows atau MacOS berperilaku. Ini menyediakan mekanisme dasar untuk boot komputer, login, menjalankan aplikasi, menyimpan dan mengambil file, dll
            Lebih spesifiknya, kata "UNIX" mengacu pada keluarga sistem operasi yang berhubungan dengan salah satu atau kedua sistem operasi UNIX asli - BSD dan SystemV. Contoh dari sistem operasi UNIX modern termasuk IRIX (dari SGI), Solaris (dari Sun), Tru64 (dari Compaq) dan Linux (dari komunitas Perangkat Lunak Bebas). Meskipun ini berbeda "rasa" dari UNIX memiliki karakteristik yang unik dan datang dari sumber yang berbeda, mereka semua bekerja sama dalam sejumlah cara yang mendasar. Jika Anda mendapatkan keakraban dengan salah satu dari ini berbasis UNIX sistem operasi, Anda juga akan mendapatkan setidaknya beberapa keakraban dengan hampir setiap varian UNIX lainnya. 
              UNIX telah sekitar untuk waktu yang lama (lebih dari 30 tahun). Ini mendahului konsep dari komputer pribadi. Dengan demikian, hal itu dirancang dari bawah ke atas untuk menjadi multi-user, berbagi, lingkungan operasi jaringan. UNIX memiliki konsep-konsep seperti Pengguna, Grup, Permissions dan Sumber Daya Jaringan-Dibagi (seperti file, printer, sistem komputer lain, dll) built-in ke inti desain. Hal ini membuat sistem operasi UNIX unik kuat dan fleksibel.
    Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
    1. Portabilitas
    Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke system komputer yang lain
    2. Multiuser
    Sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan istem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa printer, disk, dll.
    3. Multitasking
    Kemampuan system operasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan
    4. Sistem File Hirarkikal
    Pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses
    Bona Pasogit
    Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

    Posting Komentar untuk "Sistem Operasi UNIX dan Pengertiannya"

    close