Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kinerja dan Keandalan Memori Pada Komputer



A. Kinerja Memori
        Memori adalah sebuah array yang besar dan word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan,ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Memori utama(mainmemory) berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O. Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang sementara (volatile),artinya data dapat hilang begitu sistim dimatikan. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti:
a. menjaga track dan memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya,
b. memilih program yang akan dimuat ke memori, dan
c. mengalokasikan dan mendealokasikan memory space sesuai kebutuhan.
Memori utama dapat dibayangkan sebagai kumpulan kotak-kotak yang masing-masing dapat menyimpan sepenggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Umumnya 1byte memori terdiri dan 8 bit dan tiap bit diwakili oleh 1 atau 0. Kombinasi bit dalam 1byte tcrsebut membentuk suatukode yang mewakili isi dan lokasi memori. Kode yang digunakan untuk mewakilinya bergantungpada komputer yang digunakan dapat membentuk sistem kode BCD (Binary-CodedDecimal) atau sistem kode SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal interchange).

B. Keandalan Memori
        Memori harus mampu mengikuti kecepatan CPU sehingga terjadi sinkronisasi kerja antara CPU dan memori tanpa adanya waktu tunggu karena komponen lain belum selesai prosesnya. Mengenal harga, sangatlah relatif. Bagi produsen selalu mencari harga produksi paling murah tanpa mengorbankan kualitasnya untuk memiliki daya saing di pasaran.
Untuk memperoleh kinerja yang optimal, perlu kombinasi teknologi komponen memori. Dan kombinasi ini dapat disusun hierarki memori sebagai berikut.

d. Hubungan Harga, Kapasitas dan Waktu Akses Memori
        Hubungan harga, kapasitas dan waktu akses memori adalah sehagai berikut.
1) Semakin kecil waktu akses, semakin besar harga per bitnya.
2) Semakin besar kapasitas, semakin kecil harga per bitnya.
3) Semakin besar kapasitas, semakin besar waktu aksesnya
e. Hierarki Memori
       Dilema yang dihadapi para perancang adalah keinginan menerapkan teknologi untuk kapasitas memori yang besar karena harga per bit yang murah namun hal itu dibatasi oleh teknologi dalam memperoleh waktu akses yang cepat. Salah satu pengorganisasian masalah ini adalah menggunakan hierarki memori. Semakin menurunnya hierarki maka hal berikut akan terjadi.
1) Penurunan bit.
2) Peningkatan kapasitas
3) Peningkatan waktu akses.
4) Penurunan frekuensi akses memori oleh CPU.
      Kunci keberhasilan hierarki ini terletak pada penurunan frekuensi aksesnya. Semakin lambat memori maka keperluan CPU untuk mengaksesnya semakin sedikit. Secara keseluruhan sistem

Student Terpelajar
Student Terpelajar Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Kinerja dan Keandalan Memori Pada Komputer"