Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI TOOLS PADA APLIKASI BLENDER

   

1. Modelling 
          Modelling adalah tahapan awal pengenalan, pemodelan objek fitur utama dalam modelling adalah : 
    a. Editing Mode : Mengedit Objek
    b. Vertex : titik sudut objek
    c. Edge : garis objek
    d. Face : Permukaan Object
    e. Extrude : Proses penarikan objek terbesar
         tampilan blender secara default adalah adalah :
  • cube
  • camera
  • lamp
  • cursor
2. Environment
          Pengaturan latar belakang dan pencahayaan setelah pemodelan di lakukan 
3. Render Still
          Transformasi gambar dari objek hasil modelling menjadi gambar jadi
    cara : pilih ikon photo / F12
4. Subdivision Surface
           Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus 
5. Bevel 
           membuat lekukan pada sudut objek / teknik yang di gunakan untuk menghaluskan  sudut objek yang sebelum       kasar dan runcing menjadi lebih halus.
6. solidify text 3D
           fitur untuk menampakan ketegasan text agar menjadi mempunyai volume 
    cara : add  >> text >> editmode >>tulis yang di inginkan >> object mode >> modifier >> solidify
7. Textturing 
            Textturing adalah proses menentukan karakteristik      materi sebuah object  yang tampak pada permukaan objek tersebut. Materi sebuah object dapat di pilih dari                       properties antara lain :
  • Replectivity (Pemantulan cahaya)
  • Transparency (objek tembus cahaya)
  • Refraction (Pembiasaan cahaya pada objek
8. Rigging 
            Rigging adalah proses penulangan atau pemberian penulangan yang tersusun dari beberapa potong tulang yang saling berhubungan.
    Langkah untuk memadukan tulang ukuran object menjadi satu kesatuan adalah menekan ctr + p >> pilih with automatic weights.
    * Fitur pose mode berguna untuk menganimasikan tulang.
9. Camera angel 
              sudut pengambilan gambar suatu object. camera angel menentukan wilayah dan titik pandang yang di rekam oleh camera.
    Pemelihan camera angel yang baik akan meningkatkan kualitas dramatik dari object yang di sampaikan.
    jenis camera angel :
  • camera angel objective
  • camera angel subjektif
  • camera angel point of view
    ukuran gambar : - ukuran gambar besar : FLpanjang
                                   - ukuran gambar kecil  : FLpendek
10. Menganimasikan Object
               Menganimasikan adalah proses menggerakkan objek yang telah di buat sesuai dengan storybroad. teknik animasi di bagi menjadi 4 yaitu :
  1. Animasi Perpindahan lokasi object (move)
  2. Animasi perubahan ukuran object (scale)
  3. Animasi Putaran Object (rotation)
  4. Animasi Kamera (camera animation)
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "FUNGSI TOOLS PADA APLIKASI BLENDER"

close