Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Kanpshot Pada Linux

Ksnapshoot merupakan aplikasi desktop capture, istilah mudahnya yaitu aplikasi untuk mengambil screenshot area desktop maupun seluruh isi komputer Anda yang berbasis grafik. Tool ini sangat berguna sekali untuk kebutuhan pelengkap media ajar yang ada pada e-book termasuk e-book yang Anda baca sekarang ini.

Bahkan juga berguna hanya untuk ajang show-off tampilan desktop keren Anda. Paket ini bisa Anda temukan di Ubuntu Software Center dengan nama paket ksnapshot, atau bisa juga melalui install terminal sudo apt-get install ksnapshot.


Mengaktifkan ksnapshot

Setelah meng-install ksnapsot Anda bisa mengaksesnya di menu Applications → Graphics → ksnapshot. Akan terbuka window seperti gambar di bawah KS.1 ini.




Penggunaan ksnapshot


1) Capture Layar Desktop secara keseluruhan

    Pada bagian Capture mode pilih Full Screen dan klik New Snapshot, secara default ksnapshot langsung men-capture desktop saat start. Pada mode iniSnapshot delay diset 0 second dan klik New Snapshot untuk memulai dan klik area pada desktop untuk melakukan capture.

2) Capture Window yang aktif
    Pada bagian Capture mode pilih Window Under Cursor. Snapshot delay diset menjadi 4 seconds, kalau Anda ingin window border tampil beri tanda cek pada Include window decorations dan klik New Snapshot. Kemudian letakkan pointer mouse pada title bar window yang akan dicapture dan klik sekali. Hasil capture akan muncul setelah 4 detik.

3) Capture Region (wilayah yang diseleksi)
     Pada bagian Capture mode pilih Region, snapshot delay diset 0 second dan klik New Snapshot untuk memulai. Sekarang tinggal pilih area yang akan di-capture (seperti Anda menambahkan kotak di OpenOffice), tekan tombol Enter untuk mengambil gambar atau tekan tombol ESC untuk membatalkan.

4) Caputer Section Window
Pada bagian Capture mode pilih Section of Window, snapshot delay diset 4 seconds dan klik tombol New Snapshot untuk memulai dan klik pada area window aktif. Fitur ini akan memilih area capture secara spesifik dari window aktif; misalnya : listview nautilus, toolbar, panel dan lainnya.


Menyimpan Hasil Capture
  1. Sebagai File Gambar, Setelah Anda men-capture, klik tombol Save As.. dan simpan seperti biasa.
  2. Membuka Langsung dengan Program pengolah gambar Setelah proses capture selesai klik tombol Open With dan disana akan muncul program yang bisa digunakan untuk membuka file gambar seperti Gimp.
  3. Men-copy ke clipboard dan paste pada program lain seperti OpenOffice Tinggal klik tombol Copy to Clipboard setelah selesai capture dan file siap dipaste keprogram lain.



E-Book Versi 1.0 Ubuntu-Indonesia.Com Kontributor Bab V 'Aplikasi Ubuntu':
  1. Nautilus – File Manager Ubuntu Bro Deny26
  2. Gedit, text editor standar Ubuntu Bro blacksaha69
  3. Pemutar Multimedia di Ubuntu Bro Soekarmana
  4. MMC, Multimedia Converter GNU/Linux Bro ninja
  5. Cheese – Aplikasi Webcam GNU/Linux Bro ondedark
  6. K3B – Disc Burner GNU/Linux yang Powerfull Bro Deny26
  7. Clamav – Antivirus untuk GNU/Linux Bro Deny26
  8. Gkamus – Aplikasi kamus elektronik di Ubuntu Bro ninja
  9. Wammu, PC Suite di GNU/Linux Bro lisnux
  10. Ksnapshot, screen capture di GNU/Linux Bro KoenTUX
Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Kanpshot Pada Linux"

close