Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cetak Dokumen Jadi Buku Lipat (Print Booklet)

Cetak dokumen menjadi seperti buku lipat atau print booklets kadang menjadi sebuah kebutuhan. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara mencetak dokumen menjadi layaknya buku lipat bolak-balik. Padahal ada beberapa cara untuk melakukan itu. Cara pertama adalah dengan menggunakan fasilitas book fold pada pilihan pengesetan page setup microsoft word kemudian mencetakkan dengan duplex printing.

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur Booklet yang dipunyai printer Canon. Dengan menggunakan cara kedua ini kita dapat mencetak dokumen dalam berbagai format, baik itu microsoft word, microsoft excel, hingga pdf menjadi layaknya buku.

Kelebihan lainnya adalah kita tidak perlu melakukan pengaturan apapun saat menulis dokumen, karena pengaturan hanya akan dilakukan pada saat pencetakan. Sehingga jika kita mempunyai dokumen yang telah jadi semacam ebook dan lain sebagainya, tanpa perlu melakukan editing, tinggal mencetak, dan jadilah sebuah buku yang manis. Kelemahannya hanya satu, harus punya printer canon.


Cara Mencetak Booklet (Cetak Seperti Buku)

Seperti telah dijelaskan di awal, dokumen apapun bisa dicetak menjadi layaknya buku tanpa harus melakukan pengaturan ulang terhadap page setup dokumen tersebut. Untuk mulai melakukan pencetakan dokumen jadi buku, langkah-langkahnya adalah :

  1. Buka dokumen yang akan dicetak.
  2. lakukan print (bisa melalui "Office Button" kemudian klik "Print" atau dengan kombinasi tombol CTRL + P pada keyboard.
  3. Setelah muncul jendela "Print" klik "Properties"
  4. Muncul jendela "Printer Properties" sesuai dengan seri printer canon masing-masing
  5. Aktifkan (klik) menu "Page Setup"
  6. Pada bagian "Page Layout" pilih "Booklet"
  7. Jangan lupa memilih ukuran kertas yang digunakan.


  8. Aktifkan (klik) menu "Main" 
  9. Centang pada "Preview before printing" lalu klik OK
  10. Jendela "Printer Properties" akan tertutup dan kembali ke jendela "Print"
  11. Klik OK
  12. Muncul jendela "preview", amati apakah tampilan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika sudah, klik "Start Printing" jika tidak klik "Cancel Printing". Dalam jendela ini kita dapat melihat preview tiap halaman (gunakan tombol panah ke kanan dan ke kiri)


  13. Proses pencetakan untuk satu sisi kertas akan berlangsung. Tunggu hingga selesai tercetak semua untuk satu sisi tersebut.
  14. Setelah satu sisi tercetak semua akan muncul jendela peringatan untuk membalik kertas. Ambil kertas yang telah tercetak di satu sisi tersebut, balik dan masukkan ke baki printer seperti yang diperintahkan dalam gambar.
  15. Jika sudah, klik "Start Printing"
  16. Pencetakan untuk sisi sebaliknya berlangsung, tunggu hingga selesai.
  17. Jika sudah selesai semua, hasil cetakan tinggal dilipat di bagian tengah dan booklet pun telah jadi.
Langkah-langkah pencetakan booklet (cetak buku bolak-balik) tersebut secara lebih detail dapat disimak di video tutorial berikut ini.

Bona Pasogit
Bona Pasogit Content Creator, Video Creator and Writer

Posting Komentar untuk "Cetak Dokumen Jadi Buku Lipat (Print Booklet)"

close